Sepekan Jelang Lebaran, Pemudik Tujuan Sumatera Mulai Padati Pelabuhan Merak
-->
Kategori Berita

Label

Iklan

Header Menu

Senin, 19 Juni 2017

Sepekan Jelang Lebaran, Pemudik Tujuan Sumatera Mulai Padati Pelabuhan Merak

arus mudik merak 2017
Foto: Muhammad Iqbal/detikcom
Sepekan menjelang Lebaran 2017, para pemudik tujuan Sumatera mulai memadati Pelabuhan Penyeberangan Merak, Banten. Pemudik di Pelabuhan Merak dari tahun ke tahun memiliki kebiasaan melakukan perjalanan malam hari agar sampai di Bakauheni pagi hari.

Dari hasil Pantauan di Pelabuhan Merak, para penumpang baik pejalan kaki maupun kendaraan roda dua perlahan mulai ramai memasuki areal pelabuhan. Kondisi di beberapa dermaga seperti Dermaga I, II, III dan Dermaga VI ramai oleh kendaraan pribadi dan motor.

Para penumpang pejalan kaki juga terlihat duduk-duduk santai di areal loket sambil menunggu kedatangan kapal untuk mereka tumpangi. Tak hanya pejalan kaki dan kendaraan pribadi, truk-truk ekspedisi non sembako juga masih terlihat di Pelabuhan Merak.

Selain itu, Dermaga VI yang baru dioperasikan mulai hari ini, Senin 19 Juni 2017 terpantau mulai dipadati oleh kendaraan roda 2. Dermaga VI sendiri diperuntukkan khusus untuk kendaraan roda 2.

Sebelumnya, kendaraan roda 2 disebar di Dermaga IV dan V. Namun sekarang kendaraan roda 2 dialihkan ke Dermaga VI untuk mengurangi kepadatan yang biasanya terjadi di Pelabuhan Merak.

Salah seorang pemudik asal Cikampek, Jawa Barat, Agus (34) mengatakan dirinya memilih melakukan perjalanan malam hari lantaran cuaca malam dinilai nyaman untuk kondisi tubuh maupun kendaraan.

"Enak kalau malam dingin, di ban (mobil) juga dingin, kalau siang panas ban juga mudah panas. Apalagi Jakarta kondisinya panas," ujarnya saat ditemui di Dermaga I.

Perjalanan menuju tempat tujuannya di Palembang, Sumatera Selatan, diperkirakan sampai pada sore hari jika tak banyak melakukan istirahat di tengah perjalanan.

"Kalau jarang berhentinya nyampenya sore, tapi kalau banyak berhenti kira-kira nyampe sana malam," katanya.

Data jumlah penumpang itu terhitung mulai dari Sabtu (17/6) pukul 08.00 WIB hingga Minggu (18/6) pukul 08.00 WIB. Puluhan ribu penumpang itu diangkut oleh 34 kapal Ro-Ro dengan trip kapal mencapai 107.

"Dibanding hari biasa mencapai 100 persen atau 3 kali lipat. Biasanya kan 3.500 ini 8.900-an," kata Humas ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, Mario Sardadi Oetomo, Minggu (18/6/2017).

Sementara itu, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan bila puncak arus mudik tahun ini diprediksi terjadi pada H-3 Lebaran. Prediksi itu bertumpu pada cuti bersama yang ditambah oleh pemerintah.

"Kalau sekarang ini mungkin H-3, karena ada libur yang tambah. Tapi saya bahagia itu sesuai dengan doa saya, bagaimana mudik itu bisa dimajukan," kata Budi di Wisma Kementerian Pemuda dan Olahraga, Senayan, Jakarta, Minggu (18/6/2017).

(red | Sumber: detik.com)