Hahahaa, Nyamar jadi warga sipil Kapolda Sumsel di pungli anak buahnya
-->
Kategori Berita

Label

Iklan

Header Menu

Selasa, 18 Oktober 2016

Hahahaa, Nyamar jadi warga sipil Kapolda Sumsel di pungli anak buahnya

kapolda sumsel dipalak anak buahnya
Kapolda Sumsel Irjen Djoko Prastowo. ©tribratanews.com
Palembang, Kaliandanews.com - Genderang perang berantas pungli yang ditabuh presiden, langsung disambut oleh Kapolda Sumsel Irjen Pol Djoko Prastowo. Uniknya sang Kapolda menyamar jadi warga sipil untuk mengetahui tindak tanduk anggotanya di jalanan. Hasilnya sang Kapolda kena pungli oleh anggotanya sendiri.
Informasi dihimpun, penyamaran tersebut dilakukannya beberapa waktu lalu di wilayah Sumsel. Djoko sengaja mengendarai mobil seorang diri tanpa pengawalan.

Melihat ada anggota yang bertugas, Djoko melanggar lalu lintas. Alhasil, mobil Djoko dihentikan dan dirinya dibawa ke pos polisi.

Di dalam pos tersebut, polisi nomor satu di wilayah hukum Sumsel itu diminta uang damai oleh anggota atas pelanggarannya. Meski Djoko beberapa kali menolak dan meminta tindak langsung (tilang), polisi tersebut tetap keukeuh dengan jalur damai.

Setelah terdesak, Djoko pun mengeluarkan uang yang diminta. Setelah uang damai itu diberikan, dia baru mengaku sebagai Kapolda Sumsel dan menangkap pelaku. Tak lama, Kabid Propam Polda Sumsel Kombes Pol Hendro datang ke lokasi untuk mengamankan pelaku atas perintah Djoko.

"Ya, memang begitu salah satu caranya (menyamar). Anggota itu tetap memaksa minta duit damai, padahal waktu itu saya pura-pura ditilang saja. Dia (polisi pungli) saya tanya mana surat tugas, malah tidak bisa menunjukkan," ungkap Djoko, Selasa (18/10).

Djoko menyesalkan anggotanya masih melakukan pungli. Dirinya pun tak segan menindak tegas petugas kepolisian yang melanggar disiplin dan kode etik.

"Genderang pungli ini sudah ditabuh Presiden, Kapolri juga sudah. Kita juga tabuh tapi tidak bikin kaget orang. Tapi Saya tak mau tinggal diam urusi pungli, pasti saya tindak," tegasnya. (merdeka)