Peringati Hari Sumpah Pemuda, Edward Syah Pernong Launching Mars di Kalianda
Kategori Berita

Iklan Halaman Depan

Header Menu

Jumat, 28 Oktober 2016

Peringati Hari Sumpah Pemuda, Edward Syah Pernong Launching Mars di Kalianda

Peluncuran Mars Paksi Pak Sekala Brak di Museum Krakatau Kalianda | Foto: Yb/KN
Kaliandanews.com, Kalianda - Memperingati Hari Sumpah Pemuda yang Ke-88, Sultan Sekala Brak Drs. Pangeran Edward Syah Pernong menghadiri dan sekaligus menjadi pembuka peresmian Launching MARS Paksi Pak Sekala Brak Lampung di Museum Krakatau Kalianda Lampung Selatan, Jum'at (28/10) Siang.

Lagu Mars Paksi Pak Sekala Brak sendiri diciptakan oleh Pangeran Edward Syah Pernong, sedangkan Aransemennya merupakan karya dari Dr. Trisnowati Josiah, S.S.,M.M. (Iwa TJ) yang merupakan Sekertaris PSMTI Provinsi Lampung.

Edward Syah Pernong mengatakan, dengan adanya Mars Kerajaan Paksi Pak Skala Berak, dapat mempererat tali silaturahmi antar warga Paksi Pak Skala berak dan masyarakat lainnya. "kegiatan seperti ini menunjukan kekompakan kita dan keeratan budaya kita untuk menjaga adat istiadat. Saya bangga dan haru dengan kehadiran kita disini. Acara ini juga menjadi kebanggaan kita, swmua yang hadir menjadi bukti kita bersatu menjaga adat", Tuturnya.

Dipilihnya hari sumpah pemuda sebagai peluncuran mars paksi pak sekala brak bermakna strategis, dengan berharap agar semangat persatuan tetap terjaga diatas nilai-nilai adat dan budaya adiluhung bangsa.

Sedangkan dipilihnya museum krakatau Way Handak Kalianda sebagai tempat peluncuran Mars Paksi Pak Sekala Brak untuk mengingatkan akan pristiwa kampau terutama dahsyatnya letusan gunung krakatau yang mengagetkan dunia.

Kedatangan Edward Syah Pernong disambut tari sembah, pencak silat serta kesenian barongsai dan dihadiri oleh Kepaksian belunguh, bejalan diway dan kepaksian nyekhupa, lima marga Way Handak, Paguyuban Sosial Masyarakat Tionghoa Indonesia (PSMTI) serta perwakilan warga bugis, bali dan undangan lain. (kur)