Sikat habis Pungli, Tim Sapu Bersih Pungli akan turun ke daerah
Kategori Berita

Iklan Halaman Depan

Header Menu

Jumat, 14 Oktober 2016

Sikat habis Pungli, Tim Sapu Bersih Pungli akan turun ke daerah

 Sekretaris Kabinet Pramono Anung
Sekretaris Kabinet Pramono Anung | Foto: ist
Kaliandanews.com - Buntut dari tertangkap tangannya oknum Kemenhub yang melakukan pungli atas kepengurusan berbagai ijin di kemenhub. Pemerintah berencana akan menurunkan tim Sapu Bersih (Saber) pungli ke seluruh daerah di Indonesia.

"Tim Saber akan diturunkan ke daerah-daerah guna memantau pelayanan publik yang rawan pungli, seperti Perhubungan, Kepolisian, Imigrasi, Rumah Sakit, Catatan Sipil dan instansi publik lainnya" Ujar Sekretaris Kabinet Pramono Anung kepada media, Jum'at (14/10).

Diharapkan Pramono tim dapat bekerja secara efektif, agar Indonesia bebas dari pungli yang selama ini meresahkan masyarakat.

"Jika kedapatan ada oknum yang bermain, tentu akan kami tindak tegas, kita pecat dan pidanakan sesuai dengan hukum berlaku di Indonesia" kata Pramono.

Dari hasil pantauan, dampak dari gebrakan Jokowi, dibeberapa tempat seperti timbangan yang di kelola oleh Dishub Lampung sudah tutup sejak OTT di Kemenhub.

Untuk menyapu bersih pungli, masyarakat harus tahu berapa biaya resmi dalam pengurusan dokumen seperti STNK, SIM dan dokumen lainnya. Bahkan KTP dan KK dapat diperoleh oleh masyarakat secara gratis, jika dikenakan tarif, sudah pasti itu pungli. (Kld)