Sugeng Hariyono dapat Perpustakaan keliling dari Universitas Terbuka Bandar Lampung
Kategori Berita

Iklan Halaman Depan

Header Menu

Minggu, 23 Oktober 2016

Sugeng Hariyono dapat Perpustakaan keliling dari Universitas Terbuka Bandar Lampung

Kaliandanews.com, Kalianda - Sang pendiri Motor Pustaka Sugeng Haryono, Kian banyak mendapatkan apresiasi dari berbagai kalangan baik dari dalam daerah maupun dari luar daerah. Setelah mendapatkan berbagai penghargaan, kini giliran Universitas Terbuka Bandar Lampung memberikan bantuan, berupa Motor Roda Tiga sebagai bentuk dukungan dan apresiasi dari Universitas Terbuka Bandar Lampung dan untuk menunjang kegiatan Perpustakaan keliling, demi meningkatkan minat baca masyarakat. Rabu (19/10) di Balai Krakatau, Kemiling, Bandar Lampung.
Perpustakaan keliling
Perpustakaan keliling | Foto: ist
Tidak beralasan kenapa Universitas Terbuka memberikan batuan Motor Roda Tiga untuk Armadapustaka Roda Andalas, hal ini bukan hanya untuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat saja, namun juga sebagai bentuk apresiasi kepada Sugeng sebagai tokoh Pemuda yang sangat kreatif bahkan sangat langka di Negeri ini. Lebih menariknya lagi pemuda lulusan Ilmu Perpustakaan ini tidak memikirkan hasil maupun materi, akan tetapi dengan ilmu yang dimilikinya bisa berguna dan bermanfaat terhadap masyarakat.

Pemuda Lulusan D2 Ilmu Perpustakaan Universitas Terbuka UPBJJ Surabaya  ini, berkeseharian sebagai Tukang Tambal Ban yang di jl. Lintas Timur Desa Pematang Pasir Kecamatan Ketapang Kabupaten Lampung Selatan Provinsi Lampung. Disela-sela pekerjaannya inilah, sugeng merakit motor pustaka ini dan meluangkan waktu untuk berkeliling kampung ke kampung meminjamkan buku gratis pada masyarakat.
Sugeng Menerima Perpustakaan keliling dari Rektor universitas terbuka Ir. Tian Belawati  | Foto: ist
Sugeng Haryono menuturkan, dengan bantuan Motor Roda Tiga ini dia bisa membawa buku lebih banyak dan aman dari cuaca terutama waktu hujan. " Kalo pakai motor seperti ini, untuk keliling-keliling lebih aman, terutama kalo hujan mas, soalnya buku- buku yang dimiliki Motorpustaka adalah hasil donasi dari teman-teman media sosial, individu maupun komunitas, jadi ini adalah amanah yg harus di jaga" ujar Sugeng

Motor roda tiga ini di serahkan langsung oleh Rektor universitas terbuka ibu Ir. Tian Belawati dan di saksikan oleh Kepala UPBJJ Universitas Terbuka Bandar Lampung Bpk Dr. Drs. Rustam, M.Pd  serta ratusan wisudawan Universitas Terbuka tahun 2016. Tak hanya itu saja bentuk apresiasi dan dukungan yang diberikan pihak Universitas, namun pihak Universitas juga memberikan Beasiswa untuk melanjutkan S1 jurusan Perpustakaan di Universitas Terbuka Bandar Lampung.
Sugeng Hariyono bersama Rektor dan Kepala UPBJJ UT Bandar Lampung
Sugeng juga menambahkan, Kepedulian dari berbagai pihak sangat menentukan kegiatan menumbuh kembangkan minat baca masyarakat. "Sekarang ini yang sedikit terkendala adalah soal mahalnya pengiriman Donasi Buku, terutama pihak jasa Pos Indonesia maupun Swasta. Karena banyak teman-teman dari luar sana mau berdonasi, denganmahalny ongkos kirim tersebut, Kadang mereka urung untuk mengirimkannya". Pungkas Sugeng.

Yunizar Adha