Ini Daftar Kementerian/Lembaga Pengelola Anggaran Terbaik di 2016
KANAL
Cari Berita

Ini Daftar Kementerian/Lembaga Pengelola Anggaran Terbaik di 2016

Selasa, 28 Februari 2017

Foto: Rengga Sancaya (detik)
Kaliandanews.com - Dinilai telah mengelola keuangan dengan baik di tahun anggaran 2016, Kementerian Keuangan memberikan penghargaan kepada kementerian/lembaga yang terbukti konsisten dan mempunyai nilai baik dalam hal mengelola anggaran.

Pemberian penghargaan dilakukan pada saat Rakornas Pelaksanaan Anggaran Kementerian/Lembaga (K/L) di APBN 2017 di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (28/2/2017).

Dirjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan, Marwanto Harjowiryono, mengatakan ada 11 indikator penilaian bagi kementerian/lembaga yang mendapatkan penghargaan.

"Ada 11 kriteria indikator yg jadi acuan untuk mengukur kinerja K/L, yg merupakan penjabaran dari evaluasi aspek kesesuaian, aspek kepatuhan terhadap regulasi, dan aspek efisiensi kegiatan pelaksanaan," kata Marwanto.

Untuk kategori nilai pagu anggaran di atas Rp 10 triliun, peringkat 5 terbaik adalah Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Keuangan, Kepolisian RI, Kementerian Pertanian, dan Kementerian Sosial.

Untuk kategori nilai pagu anggaran di Rp 2,5-10 T peringkat 5 terbaik adalah Kementerian ATR, BPS, BNN, Kementerian Perindustrian dan Mahkamah Agung. 

Lalu, Untuk kategori nilai pagu anggaran di bawah Rp 2,5 triliun, adalah Badan Tenaga Nuklir Nasional, Badan Informasi Geospasial, LIPI, Badan Kepagawaian Negara, Badan SAR Nasional.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, mengatakan penilaian pemberian penghargaan sudah ditetapkan, mulai dari penyerapan anggaran, akurasi pencairan dana, ketertiban dalam penyampaian kontrak, hingga frekuensi revisi DIPA.

Sri Mulyani berharap, dengan adanya penghargaan para menteri, sekjen, itjen dapat mengenai setiap Rupiah yang dialokasikan di K/L, yang mana bukan hanya untuk layani kebutuhan instansi, melainkan untuk pembangunan nasional.

"Saya senang kita berikan penghargaan kepada mereka yang telah melaksanakan berbagai kriteria. Dirjen Perbendaharaan nyaris mau memberikan PU dan Kemenhub juga. Tapi saya sampaikan kalau dikasih 10 enggak ada rasanya. Jadi saya kasih 5," ungkapnya. (red | sumber: detik)

BERITA LAINNYA