Desa Kecapi Sukses Gelar Pentas Seni di Dermaga Bom Kalianda
-->
Kategori Berita
POLLING PILKADA LAMPUNG SELATAN 2020
NANANG ERMANTO
HIPNI
TONY EKA CHANDRA
BELUM ADA PILIH

Header Menu

Sabtu, 06 Mei 2017

Desa Kecapi Sukses Gelar Pentas Seni di Dermaga Bom Kalianda


Kalianda, KaliandaNews - Desa Kecapi Kecamatan Kalianda sukses menggelar pentas seni Apresiasi Seni Kecapi Saka (ASKA) dengan tema "Mari kita lestarikan kesenian daerah yang ada di Kabupaten Lampung Selatan" di wisata kuliner, Dermaga Bom Kalianda, (06/05/17), malam.


Dalam acara tersebut, Desa Kecapi menampilkan berbagai pertunjukan seni seperti Tari Mamandapan, Modern dance, Atraksi pencak silat, Tari qodar, Pembacaan puisi, drama kolosal, tari zapin Lampung yang memukau ratusan penonton yang hadir di wisata kuliner Kalianda.


Kepala Desa Kecapi Ridwansyah Lekok mengatakan, didirikannya aska adalah salah satu upaya untuk meningkatkan kreatifitas pemuda pemudi Desa Kecapi.


"Kita dirikan aska agar para pemuda yang memiliki kemampuan dibidang seni dapat menyalurkan bakatnya. Selain itu juga untuk melestarikan kesenian yang kita miliki." Ungkap Ridwan kepada KaliandaNews.com.

Ia mengatakan aska sudah berdiri sejak 2016 lalu dan beranggotakan seluruh organisasi yang ada di desa seperti karang taruna, risma dan lainnya. Ia berharap kedepan aska dapat terus eksis dan dapat terus melestarikan kesenian dari Lamsel.

"Kedepan kita juga berharap bisa terus memunculkan kesenian aksi asli Lamsel. Semoga pemerintah juga bisa terus membantu dan memberikan dukungan." Terang dia.

Sementara, Camat Kalianda Erdiyansyah yang membuka acara tersebut sangat mengapresiasi pentas seni aska, menurutnya apa yang dilakukan oleh Desa Kecapi merupakan sebuah prestasi yang harus terus dipertahankan.

"Saya apresiasi setinggi-tingginya apa yang dilakukan oleh Karang taruna Desa Kecapi. Saya kasih juara 1 untuk karang taruna, karena desa kecapi selalu aktif kegiatan yang diadakan kecamatan." Tutur Erdiyansah.

Sekilas tentang Aska, Aska sendiri berdiri atas usulan beberpa organisasi yang ada di Desa Kecapi diantarnya karang taruna, risma dan Seni Budaya Sabuai Nimbau dan memiliki anggota sebanyak 230 orang.


Aska bertujuan menggali kreatifitas dan potensi seni yang ada di Desa Kecapi maupun desa-desa lainnya yang ada di Lamsel.

"Yang jelas kita berharap kegiatan ini dapat membuka hati desa-desa lain agar potensi yg ada di desa lain dapat di gali lagi. Banyak kreatifitas dari desa lain namun belum dimanfaatkan dan apa yang ditampilkan Aska mudah-mudahan dapat menjadi contoh untuk desa lain." Ungkap Ketua Pelaksana kegiatan tersebut Nizamuddin Aulia.

Dari pengamatan Kaliandanews.com, acara pentas seni Aska cukup mendapat sambutan yang luar biasa dari penonton, bahkan saat penampilan modern dance para penonton langsung merangsek kedepan hingga memaksa panitia beberapa kali melakukan penertiban.


"Dihimbau kepada para penonton tidak maju kedepan, nanti Pak Camat dan Pak Kades tidak bisa melihat kedepan" Himbau pembawa acara menggunakan pengeras suara.


Hadir dalam acara tersebut perwakilan dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Selatan.(Kur)