Tips Mudik Nyaman Dengan Sepeda Motor
Kategori Berita

Iklan Halaman Depan

Header Menu

Senin, 19 Juni 2017

Tips Mudik Nyaman Dengan Sepeda Motor

Tips Mudik Nyaman Dengan Sepeda Motor
Foto: naikmotor.com
Mudik dengan sepeda motor memang memiliki seni dan efektifitas tersendiri. Meski tidak disarankan karena berbahaya tapi pemudik sepeda motor merupakan fenomena sosial yang tidak bisa dilarang. Para pemudik beralasan, mudik dengan sepeda motor sangat murah dan sampai kampung halaman bisa untuk keliling bersilaturahmi.

Jika anda berencana mudik menggunakan sepeda motor tahun ini, sebaiknya persiapkan tidak hanya diri anda tapi juga motor anda, sebab perjalanan mudik menggunakan sepeda motor tentu sangat melelahkan.

Namun harus diingat, bila anda mempunyai balita sangat disarankan untuk memilih moda transportasi lain yang lebih aman. Hal ini demi keselamatan sibuah hati anda. Anda tahan dingin, panas, debu tapi tidak untuk sibuah hati anda.

Dibawah ini akan dishare beberapa tips untuk anda yang ingin mudik dengan sepeda motor, semoga bermanfaat.

Cek kelengkapan motor
Sebelum berangkat mudik, cek kembali kelengkapan motor anda seperti SIM dan STNK.

Cek perkakas motor
Di setiap motor biasanya disediakan sebuah kantong berisi alat perkakas. Jangan lupa untuk membawa alat tersebut, sewaktu waktu motor anda bermasalah di jalan anda bisa menyelesaikannya sendiri

Cek Administrasi
  • Siapkan KTP atau identitas pribadi
  • Siapkan SIM & STNK

Persiapkan diri anda
Sebelum berangkat, hilangkan sifat-sifat yang dapat mengganggu perjalanan Anda, seperti sifat agresif, stress akibat pekerjaan, ataupun masalah-masalah lainnya. Bila suasana kita tenang, santai dan rileks, perjalanan menjadi lebih menyenangkan.

Cek kesehatan

Pastikan kondisi tubuh kita dalam keadaan yang benar-benar bugar. Tunda perjalanan mudik, bila fisik kita tidak dalam keadaan fit. Kondisi yang sehat dapat membantu Anda berkonsentrasi selama berkendara sehingga dapat bereaksi dengan cepat bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Gunakan perlengkapan motor yang standar
Gunakan perlengkapan standar berkendara untuk keselamatan Anda seperti helm full face berkualitas yang berkaca bening, sarung tangan, body protector, pengaman lutut, pakaian yang dapat menyerap keringat, jaket, hingga sepatu yang nyaman. Jangan lupa juga bawa jas hujan untuk berjaga-jaga dengan model baju dan celana terpisah, bukan jas hujan terusan karena bisa terlilit roda.

Siapkan obat dan perlengkapan kesehatan
Siapkan juga obat-obatan P3K dan vitamin untuk menunjang kesehatan Anda.

Siapkan rute mudik
Rencanakan rute mudik dengan matang. Lihatlan peta mudik agar Anda tidak tersesat yang bisa memperpanjang dan membuang waktu Anda. Akan lebih baik jika anda punya aplikasi peta di gadget anda.

Komunikasi

  • Cukupkan Pulsa
  • Siapkan Handphone beserta chargernya, sebaiknya siapkan batrai cadangan
  • Siapkan nomor-nomor kontak yang penting di buku catatan dan di handphone
Isi bahan bakar
Sebelum berangkat, isi tangki bahan bakar motor Anda penuh dan cukup menempuh jarak menuju SPBU berikutnya.

Patuhi rambu lalu lintas
Saat Anda sudah berada di jalan, patuhi rambu-rambu lalu lintas dan tetaplah waspada melihat kondisi di depan seperti permukaan yang licin, genangan air, lubang, dan berkendaralah dengan posisi yang nyaman.

Kecepatan jangan melebihi 80 km/jam

Jaga kecepatan motor anda, jagan sampai melebihi 80 km/jam walaupun kondisi jalan sedang lengang, agar motor anda bisa dikendalikan dengan baik.

Istirahat maksimal setiap 2 jam
Jangan paksakan mengemudi secara terus-menerus tanpa berhenti. Maksimal pengemudi berkendara selama 2 jam dan setelah itu harus istirahat. Anda bisa menggunakan alat pijat eletrik portable untuk menghilangkan rasa lelah dan pegal anda dengan cepat.

Jangan bawa beban terlalu banyak
Jika anda mudik bersama istri dan anak, pastikan barang yang anda bawa tidak terlalu banyak, sehingga motor anda tetap bisa dikendalikan secara baik.

Berangkat secara rombongan
Ada baiknya jika anda berangkat secara rombongan, sehingga perjalanan mudik anda lebih menyenangkan. Anda bisa cari informasi mudik dengan motor secara rombongan di forum forum otomotif. 

Jangan Bonceng Tiga
Mudik dengan motor saat ini menjadi kebutuhan bagi masyarakat, namun, yang perlu diketahui, jika kapasitas motor hanya untuk dua orang, tidak lebih dan tidak dimodifikasi. Hal ini demi keselamatan. selaian itu bonceng tiga akan ditilang aparat kepolisian.

Gunakan posko mudik atau pos polisi untuk beristirahat
Sepanjang rute mudik sendiri sudah tersedia Posko Mudik yang disediakan ATPM atau instansi pemerintah yang tersebar di mana-mana. Manfaatkan kesempatan tersebut untuk mengembalikan kondisi tubuh dengan beristirahat atau makan dan minum.

(red | Dari berbagai sumber)