Cara Membuat Sambal Seruit Lampung
-->
Kategori Berita

Label

Iklan

Header Menu

Senin, 18 Januari 2016

Cara Membuat Sambal Seruit Lampung

Sambal Seruit Lampung | Foto: Net

KaliandaNews.com – Seruit merupakan sambal khas lampung,Sambal seruit biasanya disajikan dengan ikan yang di olah dengan beberapa macam jenis olahan,seperti di pindang,dibakar,dan dipepes.

Berikut cara membuat sambal seruit yang telah rangkum dari berbagai sumber terpercaya:

Bahan-bahan

  1. 500 gr ikan patin, belide, baung, layis dll

  2. 1/2 sdt garam

  3. 1 buah jeruk nipis

Bahan Sambal

  1. 1 bungkus terasi udang

  2. 50 gr cabe keriting

  3. 100 gr tomat ceri

  4. 3 butir bawang merah

  5. garam secukupnya

  6. tempoyak (duren fermentasi)

  7. 1 buah mangga, iris-iris sekecil mungkin

  8. 1 buah jeruk nipis, peras airnya

Cara membuat seruit

ikan yang sudah disediakan terlebih dahulu dibumbui dengan bumbu yang sudah dihaluskan. Bumbunya berupa bawang putih, garam, kunyit, dan jahe. Setelah itu, ikan pun dibakar selama sepuluh menit. Saat sudah setengah matang, ikan diolesi dengan kecap manis dan campuran bumbu dari bawang putih, garam, dan ketumbar. Sementara, sambal untuk campuran seruit adalah cabai merah, cabai kecil, garam, micin, rampai, dan terasi baker. Bahan sambal ini lalu ditumbuk hingga halus.

Untuk menikmatinya, seruit harus ditambahkan dengan tempoyak, yakni durian yang sudah diawetkan dan dihaluskan. Tak ketinggalan untuk menambahkan beberapa jenis lalapan, seperti daun kemangi timur, terong baker, jengkol, dan daun jambu monyet. Bahan tambahan ini kemudian dicampurkan dan diaduk menjadi satu. Setelah itu, seruit pun siap dinikmati dengan nasi hangat.