ITERA Lampung Kini jadi Pilihan Pavorit Bagi Calon Mahasiswa di TanahAir
KANAL
Cari Berita

ITERA Lampung Kini jadi Pilihan Pavorit Bagi Calon Mahasiswa di TanahAir

Rabu, 16 Maret 2016

institut teknologi sumatera
KaliandaNews.com, Lampung Selatan – Institut Teknologi Sumatera, perlahan namun pasti mulai menunjukan tajinya sebagai salah satu kampus pilihan Favorit calon mahasiswa yang tersebar dari berbagai wilayah Indonesia.

Kampus yang terletak di Jalan Terusan Ryacudu, Desa Way Hui, Kecamatan Jati Agung, Lampung Selatan ini, diresmikan Pada tanggal 6 Oktober 2014 oleh Presiden Republik Indonesia melalui Peraturan Presiden, dimana dalam Perpres tersebut ada dua institut Teknologi Negeri yang diresmikan yaitu Institut Teknologi Sumatera (ITERA) di Lampung dan Institut Teknologi Kalimantan (ITK) di Balikpapan.

Menurut keterangan di laman itera.ac.id, ITERA sendiri dibina langsung oleh Institut Teknologi Bandung (ITB) selama 10 tahun kedepan dengan kualitas minimal setara dengan ITB. Dan ini tentu menjadi angin segar bagi perkembangan pendidikan di Provinsi Lampung. Apalagi seperti diketahui di Indonesia baru dua perguruan tinggi yang menyandang Institut Teknologi yaitu ITB dan ITS, dengan ditambahnya ITERA dan ITK tentu akan membawa dampak besar bagi peningkatan dan pemerataan kualitas SDM dibidang teknologi pada tingkat nasional.

Seperti di beritakan Antara, tahun ini, sebanyak 2.039 pelajar mendaftar di Institut Teknologi Sumatera (ITERA) pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2016. Proses pendaftaran sendiri sudah di tutup pertanggal 14 Maret 2016.

Wakil Rektor Bidang Akademik ITERA, Mitra Djamal, di Kampus ITERA, Desa Wayhui, Lampung Selatan, Selasa, mengatakan jumlah pendaftar tersebut cukup banyak mengingat ITERA baru kali ini menggelar SNMPTN.

"Tahun 2015, penerimaan mahasiswa baru di ITERA hanya melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Neger(SBMPTN) dan Seleksi Mandiri," katanya.

Ia mengatakan bahwa hal itu menandakan ITERA telah menjadi pilihan calon mahasiswa sebagai tempat menggali ilmu dan mewujudkan impian di masa depan.

Menurutnya, pendaftar SNMPTN di ITERA bukan hanya berasal dari Lampung tetapi juga tersebar di berbagai penjuru Tanah Air.

Berdasarkan data yang diterima ITERA dari panitia pusat, pendaftar SNMPTN ITERA terbanyak berasal dari Provinsi Lampung yakni 1.511 pendaftar, disusul Sumatera Selatan (207), dan Sumatera Utara (139).

BAnyak juga pendaftar dari Sumatera Barat, Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, dan berbagai provinsi lain di Pulau Jawa, Kalimantan, bahkan Sulawesi.

Mitra menambahkan program studi favorit di ITERA saat ini adalah Teknik Informatika dengan jumlah pendaftar 627 orang, disusul Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota (488), dan Teknik Sipil (403).

Program studi baru di ITERA arsitektur juga cukup banyak diminati yakni 244 orang, kemudian Teknik Elektro, Teknik Geofisika,Teknik Geomatika, dan Fisika.

Setelah data dari pusat ini masuk, kata Mitra, ITERA akan melakukan proses seleksi.

Ia pun menjamin hasil seleksi akan objektif sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku.

"Kalau tidak ada kendala, sesuai jadwalnya pengumuman kelulusan SNMPTN akan dilakukan pada 10 Mei 2016," ujarnya.

Sementara itu, ITERA mulai bersiap menjaring mahasiswa baru melalui jalur SBMPTN dan Seleksi Mandiri.

Pendaftaran SBMPTN akan dibuka mulai 25 April 2016, sedangkan Seleksi Mandiri ITERA akan dimulai setelah proses SBMPTN selesai yakni mulai 28 Juni-14 Juli 2016. (Editor: kld | sumber: Antara)

BERITA LAINNYA