Menengok Rest Area Desa Kunjir sebagai Urat Nadi Wisata dipesisirRajabasa Lampung Selatan
KANAL
Cari Berita

Menengok Rest Area Desa Kunjir sebagai Urat Nadi Wisata dipesisirRajabasa Lampung Selatan

Minggu, 20 Maret 2016

Desa Kunjir Rajabasa
Rest Area Desa Kunjir Rajabasa | Foto: KaliandaNews.com

KaliandaNews.com, Rajabasa - Desa Kunjir terletak di Kecamatan Rajabasa Kabupaten Lampung Selatan, Desa ini terletak di bawah kaki gunung Rajabasa dan berhadapan langsung dengan Teluk Lampung. Desa yang memiliki luas wilayah kurang lebih 5000 Ha ini dihuni oleh Suku Lampung, Banten (Jaseng) dan suku jawa yang mayoritas penduduknya bermata pencaharian petani dan nelayan.

[caption id="" align="alignnone" width="640"]Desa Kunjir rajabasa Lampung selatan
Desa Wisata Kunjir Rajabasa Lampung Selatan | Foto: KaliandaNews.com

Desa ini bisa di tempuh kurang lebih 30 Menit dari Kota Kalianda atau kurang lebih 3-4 Jam dari Bandar Lampung dengan menyusuri pesisir di sepanjang Gunung Rajabasa.

Desa Kunjir Rajabasa
Warung-warung pedagang | Foto: KaliandaNews.com

Selain kaya akan hasil alam, Desa Kunjir memiliki potensi yang sangat besar di bidang pariwisata, khususnya wisata bahari, tak heran bila Desa Kunjir di nobatkan sebagai Desa Wisata di Kabupaten Lampung Selatan pada 15 November 2015 silam.

Saat KaliandaNews.com berkunjung ketempat ini, Sabtu (19/3/16). Di Desa Kunjir terdapat rest area yang berhadapan langsung dengan pantai Teluk Lampung, tempat ini terlihat nyaman, banyak pedagang yang berjualan di area ini. di tempat ini pula banyak agen-agen wisata rumahan yang menawarkan paket wisata dengan berbagai tujuan, seperti Pulau Mengkudu, Batu Lapis serta Pulau Krakatau dengan harga yang sangat bersahabat.

desa kunjir kalianda
Ecobrick Icon |Foto: kaliandaNews.com

Boleh di katakan rest area ini merupakan centralnya alias urat nadi wisata Desa Kunjir, Karena dari tempat ini para wisatawan dapat melanjutkan perjalanan wisatanya ke berbagai tempat di sekitar pesisir Gunung Rajabasa.

Eco-brick Tourism Sign
 Eco-brick Tourism Sign | Foto: Janisian.org

Di tempat ini pula terdapat Icon wisata berupa Ecobrick Icon dari Seribu Botol Bekas. Pendirian Ecobrick Icon digagas oleh lapisan masyarakat Desa Kunjir beserta dengan volunteer dari Komunitas Jalan Inovasi Sosial (JANIS). Sayang karena keterbatasan waktu KaliandaNews.com belum sempat bertemu dengan para pelopor tersebut, yang telah berjasa memajukan Desa Kunjir di bidang wisata.

Desa Kunjir Kalianda
Waraung-warung pedagang | Foto: KaliandaNews.com

Sa’anah salah satu pedagang di rest area, mengatakan dengan di gagasnya Desa Kunjir sebagai Desa Wisata, sangat membantu sekali dalam meningkatkan pendapatan masyarakat, apalagi dengan adanya rest area ini. selain para agen wisata para pedagang pun sangat diuntungkan, terutama saat musim-musim liburan.

Desa Kunjir Rajabasa
 Landscape sekitar desa kunjir | Foto: KaliandaNews.com

Desa Kunjir rajabasa lampung selatan
Landscape sekitar desa kunjir

“Sangat membantu kami sekali mas, dengan adanya rest area ini, dagangan saya lumayan lancar, apalagi kalo musim liburan datang” katanya dengan penuh riang gembira.

Pulau Mengkudu Lampung
Pulau Mengkudu dapat terpantau jelas dari desa kunjir | Foto: KaliandaNews.com

So, bagi pembaca yang berkunjung ke Kalianda Lampung Selatan , belum lengkaplah bila belum berkunjung ke Desa Kunjir Kecamatan Rajabasa, karena disana para pembaca akan di suguhkan petualangan wista yang tidak terduga. Tentu dengan harga yang sangat murah.

Sebagai gambaran untuk menikmati paket wisata di Desa Kunjir, para wisatawan hanya dikenakan Rp. 200.000,- /orang, dengan harga tersebut kita akan disuguhkan “PAKET DESA WISATA KUNJIR” dengan fasilitas :

  • Home Stay / Penginapan (1 malam)

  • Makan, Minum, Kopi / Teh (3 Kali)

  • Kunjungan Ke Air Terjun Dan Objek Pesisir

  • Penyeberangan Ke Pulau Mengkudu Dan Batu Lapis (Dengan Perahu)

  • Ramah Tamah Dengan Warga Dan Hiburan Rakyat (Malam Hari)

  • Pemandu Wisata (1 Orang)

Wow!! murah bukan?

Lokasi:


(Kld)

BERITA LAINNYA