Tabata, Olahraga singkat untuk bakar lemak dan perkuat jantung
Kategori Berita

Iklan Halaman Depan

Header Menu

Senin, 25 April 2016

Tabata, Olahraga singkat untuk bakar lemak dan perkuat jantung


Tabata | Foto: net

KaliandaNews.com - Olahraga adalah salah satu syarat agar badan selalu fit dan bugar. Sayangnya tidak semua orang punya waktu untuk berolahraga. Bagi orang-orang sibuk dengan banyak kegiatan tidak usah khawatir. Peneliti menemukan bahwa melakukan olahraga 10 – 15 menit saja sudah cukup . salah satunya dengan melakukan latihan Tabata.

Tabata adalah latihan jantung dan pembakar lemak serta kalori yang baik, dapat Anda lakukan di mana dan kapan saja. Jika Anda hanya memiliki waktu lima menit, lakukan satu set. Punya waktu 4 atau 15 menit? Ulangi 2-3 kali.

Tabata tradisional menuntut pengulangan latihan yang sama selama 8 putaran, tapi kami memodifikasinya. Idealnya, Anda melakukan dua set atau putaran gerakan setiap latihan sebelum pindah ke gerakan yang berikutnya untuk total delapan putaran. Dengan cara ini Anda akan dapat melatih semua kelompok otot utama hanya dalam waktu empat menit.

Pertimbangkan untuk melakukan latihan Tabata, jenis latihan interval yang akan menaikkan ritme jantung Anda dan membuat Anda bisa diselesaikan hanya dalam waktu empat menit. Untuk melakukannya, Anda harus mengulangi interval latihan selama 20 detik, usahakan melakukan repetisi sebanyak yang Anda bisa, ikuti dengan 10 detik istirahat untuk total delapan putaran. Bagian terbaiknya? Hal ini dapat dilakukan dengan apapun jenis gerakan yang Anda pilih.

Pelajari petunjuk di bawah ini, dan pastikan untuk melakukannya setiap hari, tak peduli seberapa sibuk pun hari-hari Anda.
1. Squat jump 20 detik
2. Istirahat 10 detik
3. Push up 20 detik
4. Istirahat 10 detik
5. Burpee 20 detik
6. Istirahat 10 detik
7. Squat jump 20 detik
8. Istirahat 10 detik
9. Push up 20 detik
10. Istirahat 10 detik
11 Burpee 20 detik
12. Istirahat 10 detik
13. Sit up 20 detik.
Cara melakukan Burpee: berdiri tegak, lalu berjongkok dengan kedua tangan menumpu lantai di depan tubuh. Lempar kedua kaki ke belakang hingga membentuk posisi push up, lakukan push up satu kali, kembali jongkok, berdiri lagi lalu melompat.

Ditinjau oleh: dr. Deffy Leksani Anggar Sari

(Editor : Kld    Sumber: meetdoctor.com)