WOW!! Sepeda Motor Berbahan Bakar Air Hasil Modifikasi Siswi di Baliini Bisa menempuh 120 KM Per 1 Liter Air
Kategori Berita

Iklan Halaman Depan

Header Menu

Minggu, 17 April 2016

WOW!! Sepeda Motor Berbahan Bakar Air Hasil Modifikasi Siswi di Baliini Bisa menempuh 120 KM Per 1 Liter Air

sepeda motor berbahan bakar air
Anak SMK di Bali ciptakan motor bahan bakar air. ©2016 Merdeka.com
KaliandaNews.com – Sepeda Motor hasil modifikasi seorang  siswi SMKN 3 Tabanan di Bali ini banyak menyedot perhatian, pasalnya sepeda motor hasil modifikasinya menggunakan air sebagai bahan bakarnya. Istimewanya setiap satu liter air sepeda motornya mampu menempuh jarak 120 Kilometer. WOW!!.

Berkat kerja kerasnya, kini Ni Made Ayu Rita Adriani (17) jurusan teknik mesin ini mulai dilirik oleh para dealer terkemuka, tak tanggung-tanggung dealer tersebut bersedia menjadi sponsor untuk pengembangan Bahan Bakar Air (BBA) sebagai bahan bakar alternatif pengganti BBM. Yang dimana BBM yang bersumber dari fosil lambat laun pasti akan habis persediaannya.

Dengan adanya penemuan tersebut tentu ini akan menjadi angin segar bagi industri otomotif nasional. Meskipun penemuan Ni Made Ayu Rita Adriani ini bukan sesuatu yang baru, karena hasil penemuan serupa dengan kandungan yang berbeda pernah beberapa kali mencuat, meskipun akhirnya tidak ada kejelasan mengenai tindak lanjutnya.

Untuk sepeda motor hasil modifikasi  Ni Made Ayu Rita Adriani ini, bahan bakarnya bukanlah murni hanya dari air saja ada bahan lain yang digunakan sebagai campuran, yaitu soda kue.

"Bahan bakarnya tidak hanya air, namun juga dicampur dengan soda kue agar menghasilkan panas," ujar gadis asal Banjar Dukuh Pulu Kaja, Desa Desa Mambang, Kecamatan Selemadeg Timur tersebut, Sabtu (16/4).

Seperi di lansir dari merdeka.com, berikut cara kerja sepeda motor berbahan air hasil modifikasi Ni Made Ayu Rita Adriani:

Dijelaskan Rita, cara kerja sepeda motor berbahan bakar air tersebut adalah ketika kunci kontak on maka terminal positif tabung reactormendapat arus listrik dari Accumulator mengalir pada kumparan atau lilitan di dalam tabung 1 (reactor), sehingga terjadi efek pemanasan campuran air dan soda kue bereaksi dan menghasilkan gas.

Dilanjutkan oleh rekannya, I Dewa Gde Eka Putra Wirawan (17) jika sepeda motor yang digunakan merupakan sepeda motor biasa yang kemudian dimofikasi dengan menambahkan dua buah toples kaca yang berfungsi sebagai tabung reactor dan tabung filter.

"Jadi tabung reactor berisi air dengan campuran soda kue, sedangkan tabung filter hanya berisi air yang fungsinya sebagai penyaring," jelasnya.

"Untuk takarannya, satu liter air diisi satu sendok makan soda kue atau 25 gram. Dimana didalam tabung reactor terdapat kumparan atau lilitan," sambungnya.

Kemudian, saat reactor menghasilkan gas, gas yang merupakan hasil dari reaksi air dan soda kue yang dipanaskan kemudian dialirkan ke tabung 2 (filter/catalisator), untuk mengalami proses penyaringan.

Lanjutnya, gas keluarannya kemudian dialirkan ke percabangan saluran hisap melalui pipa vacuummembrane pengalir bahan bakar menuju In take manifoldmasuk ke ruang pembakaran.

Sementara itu Kepala Sekolah SMKN 3 Tabanan I Ketut Suardana menjelaskan jika dengan penggunaan satu liter air dicampur satu sendok makan soda kue dengan dua liter BBM mampu menempuh jarak 120 kilometer. (Editor: kld | Sumber: merdeka.com)