Google peringati Hari Sumpah Pemuda
Kategori Berita

Iklan Halaman Depan

Header Menu

Jumat, 28 Oktober 2016

Google peringati Hari Sumpah Pemuda

Google peringati sumpah pemuda
Laman muka google tanggal 28 oktober 2016
Kaliandanews.com - Setiap tanggal 28 Oktober, bangsa indonesia khususnya pemuda rutin memperingati Hari Sumpah Pemuda. Tak cuma pemuda dan seluruh rakyat Indonesia saja yang memperingatinya, namun Google pun ikut meramaikan. Seperti biasa, raksasa teknologi tersebut melakukannya lewat Google Doodle.

Di laman depan Google hari ini, Anda akan melihat sebuah ilustrasi gambar enam pemuda-pemudi daerah yang berasal dari berbagai suku di Indonesia, yang memakai baju adatnya masing-masing. Terlihat mereka menggunakan baju adat Jawa, Bali, serta Betawi. Dalam ilustrasi animasi tersebut, terlihat pemuda-pemudi tersebut sedang membaca ikrar sumpah pemuda, yakni 'Satu Tanah air,' 'Satu Bangsa,' serta 'Satu Bahasa' secara bergantian.
Logo Hari Sumpah Pemuda tahun 2016
Logo Hari Sumpah Pemuda tahun 2016
Sesuai kalender resmi pemerintah, tahun ini adalah peringatan ke-88 Sumpah Pemuda. hal ini merujuk pada pada keputusan Presiden Soekarno yang menetapkan Kongres Pemuda II di Batavia pada 1928 sebagai momen pertama perumusan naskah berisi benih identitas nasional Indonesia itu.
Sumpah Pemuda sendiri adalah keputusan yang diambil dalam Kongres Pemuda Kedua, di mana isinya merupakan cita-cita untuk mempersatukan seluruh keragaman yang ada di Indonesia melalui tiga aspek pengakuan, yakni adanya tanah air Indonesia, bangsa Indonesia, dan bahasa Indonesia.
Jika mungkin Anda lupa atau ingin tahu secara tepat bagaimana isi Sumpah Pemuda, berikut kutipannya yang ditulis dalam ejaan lama:

1. Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia
2. Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia
3. Kami poetra dan poetri Indonesia, mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia

(Merdeka)