Ini Alasan Mendikbud Hapus Ujian Nasional Mulai Tahun Depan
-->
Kategori Berita

Label

Iklan

Header Menu

Jumat, 25 November 2016

Ini Alasan Mendikbud Hapus Ujian Nasional Mulai Tahun Depan

Mendikbud Muhadjir Effendy hapus ujian nasional
Mendikbud Muhadjir Effendy | Foto: ist
Kaliandanews.com - Ujian Nasional setiap tahunnya menjadi momok tersendiri bagi siswa tingkat akhir, banyak yang stres bahkan siswa pintar pun tidak ada jaminan untuk lulus. Belakangn UN pun mendapat sorotan dan tidak sedikit yang meminta agar UN di hapus saja.

Rupanya Mendikbud Muhadjir Effendy menanggapi hal tersebut, Muhadjir akhirnya memoratorium pelaksanaan Ujian Nasional (UN). Mendikbud tak ingin UN jadi momok yang membuat siswa stres.

"Biar nggak ada stres tahunan, seperti sekarang kan," ujar Muhadjir saat berbincang, Jumat (25/11/2016).

UN dimoratorium hingga level pendidikan di Indonesia merata. Muhadjir menegaskan keputusannya ini tak melanggar Undang-Undang.

"Amar perintah Undang-Undang tidak ada Ujian Nasional, yang ada itu evaluasinya nasional," ujar mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang ini.

Baca juga: Akhirnya Mendikbud Muhadjir Effendy Hapus Ujian Nasional

Meski tak ada UN, Muhadjir mengingatkan agar siswa tetap giat belajar. Utamanya, dia berharap kualitas pendidikan karakter siswa meningkat.

"Saya minta untuk belajar lebih rajin, dan hendaknya meningkatkan kapasitasnya sebagai pelajar, terutama dalam hal karakter, kejujuran, tanggung jawab terhadap apa yang dikerjakan," ujar Muhadjir.(sumber: detik)