Pantai Ketang Kalianda Disulap Jadi Objek Wisata Unggulan, Ada Delmannya Loh!!
-->
Kategori Berita
POLLING PILKADA LAMPUNG SELATAN 2020
NANANG ERMANTO
HIPNI
TONY EKA CHANDRA
BELUM ADA PILIH

Header Menu

Minggu, 29 Januari 2017

Pantai Ketang Kalianda Disulap Jadi Objek Wisata Unggulan, Ada Delmannya Loh!!

Kalianda, Kaliandanews.com - Membahas tentang keindahan alam yang ada di Lampung Selatan memang tidak ada habisnya. Salah satunya adalah Pantai Indah Ketang yang terletak di Kelurahan Way Urang, Kecamatan Kalianda, Lampung Selatan.
Pantai ketang kalianda
Wakil Bupati Lamsel, Kadis Pariwisata Lamsel dan Camat Kalianda menaiki delman di pantai Ketang | Foto: Yodis
Pantai yang dahulunya penuh dengan sampah, kini terlihat lebih bersih, hal ini berkat ide dari Camat Kalianda Erdi Yansyah dengan program Geber (Gerakan Bersih-Bersih) Pantainya, yang menginginkan pantai Ketang menjadi salah-satu destinasi wisata unggulan di Kota Kalianda. Untuk memuluskan ambisi itu Erdi menggandeng salah satu penggiat wisata Nugraha Yodistara.

Harapan Camat yang tak lepas dari kacamatanya tersebut sedikit lagi menjadi nyata, kini pantai tersebut tampak bersih dan siap bersaing dengan objek-objek wisata lainnya. Sebagai pembuka, Minggu (29/1) petang, diluncurkannya Wisata Delman yang dihadiri langsung Wakil Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto dan Kepala Dinas Pariwisata Lamsel Fauziah Arief.

Rencananya Wisata Delman yang akan melayani pengunjung di Pantai Ketang, untuk sementara akan tersedia di hari minggu saja, dengan tarif Rp. 10.000/ orang. Tapi tidak menutup kemungkinan akan tersedia setiap hari.

Camat Kalianda Erdi Yansyah mengatakan, ini merupakan langkah yang luar biasa, karena wisata di Lampung Selatan khususnya di Kalianda tidak kalah dengan wisata terkenal yang ada di Indonesia.

"Pantai di Ketang ini sebenarnya mirip dengan pantai Parangtritis yang ada di Yogyakarta, hanya cuma perlu sedikit sentuhan saja," kata Erdi kepada Kaliandanews.com, Minggu (29/01)

Selain itu bukan hanya pemerintah saja yang harus melakukan promosi, tetapi semua elemen masyarakat dan pelaku wisata harus bersama-sama melakukan promosi wisata yang ada di Lampung Selatan.

"Harus dilakukan re-branding misalnya penamaan ulang objek-objek wisata, agar lebih menjual dan mempunyai daya tarik," lanjutnya.

Semoga dengan adanya launching Wisata Delman ini, bisa mengangkat wisata di Lampung Selatan dan semoga lebih maju lagi. Tidak lupa Erdi juga menghimbau kepada seluruh masyarakat, agar selalu tetap menjaga kebersihan dan keindahan.

Pantai ketang kalianda
Perubahan Pantai Ketang setelah di poles. Bersih!! | Foto: Yodis
Senada dengan Camat Kalianda, Yodistara Nugraha (36) yang tergabung dalam Pecinta Wisata (Peta) Lampung Selatan atau yang lebih dikenal sebagai admin Wisata Lampung Selatan mengatakan, bahwa konsep pengembangan wisata Pantai Ketang diilhami dari pantai Parangtritis Yogyakarta, yang sudah lama melegenda. Tentu hal ini tidak berlebihan mengingat Pantai Ketang sendiri mempunyai bentang pantai yang luas dan panjang.

“Konsepnya akan dibuat seperti Parangtritis, karena kita punya bentang pantai yang luas dan panjang” Kata Yodis kepada Kaliandanews.com.

Pria yang setahun belakangan ini consern melakukan promosi wisata Lampung Selatan, berharap kedepannya Pantai Ketang akan menjadi wisata unggulan tidak hanya di Lampung Selatan tapi menjadi primadona di Lampung, mengingat daerah lain belum ada delman di pantai.

“Untuk menuju ke sana sementara ini kita fokus dulu untuk pembenahannya seperti bersih-bersih pantai setiap hari,  sesuai dengan perintah pak Wabup setiap jum’atnya akan diadakan bersih-bersih pantai yang didukung beberapa instansi terkait, tapi yang lebih penting harus ada dukungan dari warga, minimal tidak membuang sampah sembarangan” Tukas Yodis.(red/yb)