Kaya akan Kearifan Lokal, Program TV Si Bolang Pilih Syuting di Lampung Selatan

Iklan Halaman Depan

Header Menu

Selasa, 28 Februari 2017

Kaya akan Kearifan Lokal, Program TV Si Bolang Pilih Syuting di Lampung Selatan

banner
Lampung Selatan, Kaliandanews - Dalam rangka meliput kekayaan Alam, Budaya dan Kearifan Lokal Lampung Selatan khususnya Kalianda, Program Petualangan disalah satu stasium Televisi swasta yang biasa disebut 'Si Bolang', kini hadir kembali mengambil syuting di Lampung Selatan. Tepatnya di Desa Kuripan Kecamatan Penengahan dan hotspot-hotspot menarik lainnya di Lampung Selatan.



Menurut informasi yang dihimpun, dalam syuting kali ini, Si Bolang akan mengambil scene tentang kebudayaan Lamsel seperti Tari Tupping, Kerajinan Khas Lampung Kain Tapis dan Topeng, selain itu ada Kuliner Khas Lampung Tempoyak, kemudian Wisata alam Way Telaga, Pantai Wartawan, Daerah Pegunungan, Rumah Adat serta berbagai nuansa alam lainnya.

Dismas Ludhy mengatakan, sebelumnya acara Si Bolang tersebut sudah pernah mampir di Kota Kalianda, namun pada episode kali ini, bolang hadir dengan Tema yang berbeda, dan juga dalam rangka untuk memperingati HUT Si Bolang Ke-11.

"Sebetulnya, rangkanya seperti biasa menjelajahi daerah-daerah di seluruh indonesia. Sebelumnya juga sudah pernah dikalianda, tapi kali ini tema dan lokasinya saja yang berbeda. Selain lebih mendalami budaya, misi pada episode kali ini juga untuk menyambut hari jadi Si Bolang yang jatuh pada 26 maret nanti" Ungkap satu Crew Si Bolang saat diwawancarai, Selasa (28/2).

Dismas juga mengatakan, acara program TV Si Bolang ini terdiri dari 5 tim yang terbagi di seluruh wilayah Indonesia. Sementara untuk bagian Sumatera, kali ini pihak redaksi memilih Lampung Selatan sebagai lokasi syuting Si Bolang kali ini.

"Kebetulan Si Bolang ada 5 tim, untuk yang sumatera kita pilih Lampung, tapi memang semua daerah yang di datengin si bolang harus punya kekuatan dan kriteria khusus. Misalnya di sini punya topeng, dulu hanya jadi properti, tapi sekarang kita lebih dalemin lagi, kemudian ada tari ya juga dan banyak lagi seni budaya lainnya" Katanya.



Ditambahkannya, terpilihnya Kalianda sebagai lokasi syuting si bolang dalam rangka menyambut HUT Ke-11 Si Bolang tersebut adalah, karna kalianda merupakan daerah yang memenuhi kriteria, sebagaimana yang telah ditentukan oleh pihak redaksi.

"Kita pilih daerah sini karna melihat dari berbagai aspeknya, misalnya dari segi visual, kemudian seni budayanya, kearifan lokal dan sebagainya. Apabila hal itu tidak terpenuhi, maka kita tidak akan datang keseni, dan kebetulan kalianda menjadi salah satu rekomendasi yang cukup baik untuk dilakukan syuting Si Bolang" Tambahnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Lamsel Fauziah Arief, SH menyambut baik dengan kembalinya Si Bolang syuting di Bumi Khagom Mufakat dan tentu secara tidak langsung dapat mengangkat kembali budaya dan pariwisata Lamsel untuk lebih dikenal lagi.

"Tentu saja kami menyambut baik kegiatan syuting bolang untuk kesekian kalinya karena sebelumnya juga sudah pernah dengan tema yang lain" Kata Fauziah melalui pesan singkat.

Ditambahkan Fauziah, acara ini selain menghibur juga berisi konten pendidikan yang sangat bermanfaat bagi anak-anak, Selain itu ditonjolkan pula sisi pelestarian budayanya.

Pada Episode kali ini juga, hadir Sugeng Hariyono Motor Pustaka Lampung Selatan, yang berperan sebagai tokoh inspirasi dalam cerita untuk mencerdaskan anak bangsa melalui buku-bukunya agar semangat pembaca anak-anak indonesia semakin luas, serta Khaja Muda Sai Saka sebagai tokoh pemuda yang bergerak pada kearifan lokal yang turut serta membantu mensukseskan acara tersebut.

Berikut Pemeran Si Bolang dan Lokasi Pengambilan Video

-Desa kuripan(pengambilan ijuk untuk tuping)
-Desa Kuripan (pengambilan jengkol untuk bahan pewarna alami kain tapis)
-Desa Kuripan (pembuatan Tuping)
-Latihan tari tuping di depan Lamban Balak Keratuan Darah Putih Desa Kuripan
-Dusun Banyurip, Desa Kuripan (pembuatan tempoyak)
-Dusun Banyurip,Desa Kuripan (Armada Pustaka Motor)
-Belerang simpur (pangambilan bahan kayu tuping)
-Desa Canti (mencuci baju & mandi si bolang)
-Pantai Wartawan /gunung botak (merebus telur & traveling si bolang)

Pemeran:

-Si bolang & kawan2 murid SDN 1 Desa Kuripan, Soni Firmanda sebagai tokoh utama Si Bolang, Almi Hariski, Agustian dan Ruli Sanjaya
-Ninda (Kakak Bolang) dari kuripan alamat pematang
-Ibu Rita (bibik bolang/pembuat tapis) warga desa kekiling (asli salah satu bibik bolang)
-Seluruh penari tuping dan pelatih (sanggar intan desa kuripan)
-Armada pustaka (sugeng hariyono) dan anak2 desa kuripan. (nz)