MTQ 2017 di Kalianda, Ketua MUI : Jangan Comot Qori Dari Daerah Lain Hanya Untuk Menang
-->
Kategori Berita
POLLING PILKADA LAMPUNG SELATAN 2020
NANANG ERMANTO
HIPNI
TONY EKA CHANDRA
BELUM ADA PILIH

Header Menu

Kamis, 09 Februari 2017

MTQ 2017 di Kalianda, Ketua MUI : Jangan Comot Qori Dari Daerah Lain Hanya Untuk Menang

Kalianda, KaliandaNews – Perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-46 Tingkat Kabupaten Lampung Selatan rencananya akan digelar pada 20 sampai dengan 25 April 2017 mendatang di Masjid Agung Kalianda.
Foto: Ist
Segala persiapan pun akan segera dilakukan oleh Pemkab Lamsel untuk menyelenggarakan event tahunan, yang mempertemukan qori-qoriah terbaik seluruh Lampung Selatan itu, termasuk rapat persiapan yang dilakukan di Aula Rajabasa pemkab setempat, (09/02/17)

Sekda Lamsel Ir. Fredy SM, MM yang memimpin rapat persiapan tersebut mengatakan, diperhelatan MTQ kali ini setiap Kecamatan harus segera melakukan seleksi terhadap qori-qoriah masing masing Kecamatan yang nanti akan dilombakan. “Setiap kecamatan untuk segera melakukan persiapan untuk MTQ kali ini.” Ungkap Fredy.

Namun meski demikian, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Lampung Selatan H. Hamim Fadil nampaknya punya pandangan tersendiri prihal prekrutan qori-qori di Lamsel selama ini baik saat mengikuti MTQ tingkat Kabupaten maupun Provinsi. Sebab menurut dia setiap kecamatan di Lamsel harus menggunakan cara yang lebih elegan untuk memenangkan kompetisi menghafalkan lafadz Al Qur’an tersebut.

“Selama ini untuk memenangkan MTQ Cuma comot-comot aja yang penting suaranya bagus dan dia bisa ikut. Padahal (qori-qoriah) bukan dari daerah kita sendiri.” Ungkap Hamim Fadil.

Menurutnya kedepan pemkab Lamsel seharusnya tidak menggunakan cara-cara praktis seperti itu hanya untuk memenangkan perlombaan, namun lebih memprioritaskan mencari bibit-bibit qori asli dari Kecamatan masing-masing untuk diperlombakan di MTQ. “Harus diadakan kembali MTQ tingkat kecamatan untuk mencari bibit-bibit dari desa yang kemudian mewakili Kecamatan masing-masing.” Tukasnya. (Kur)