6 Warga Asing Asal Somalia, Diamankan di Bakauheni
KANAL
Cari Berita

6 Warga Asing Asal Somalia, Diamankan di Bakauheni

Selasa, 07 Maret 2017


Bakauheni, Kaliandanews.com - KSKP Bakauheni mengamankan 6 orang warga Somalia, Afrika, yang hendak menyebrang melalui Pelabuhan, Bakauheni Lampung Selatan, Selasa (07/03).

Kapolres Lampung Selatan, AKBP. Adi Ferdian Saputra, diwakili oleh Kapol KSKP Bakauheni AKP. Enrico Donald Sidauruk, keenam warga Somalia tersebut diamankan saat turun dari bus Lorena yang mereka tumpagi sekitar pukul 06.00 Wib.

Keenam warga negara Somalia tersebut adalah SOWDO ABDULKADIR NUR (17), wanita, SHADYA ABDULKADIR NUR (14) wanita, RHAMO ALI AHMED (37) Wanita, ASMA BASHIR NOUR (21) wanita, RAYAD ABDUL KADIR NUR (13) Laki-Laki dan SALEMAN ABDUL KADIR NUR (16) Laki-Laki.


"Warga Somalia tersebut masuk terlebih dahulu ke Malaysia menggunakan pesawat, dilanjutkan menggunakan kapal laut. Setelah itu menggunakan bus melalui jalur tikus tanpa ada pemeriksaan dari imigrasi," ucap Enrico saat ditemui diruangannya.

Setelah memeriksa kelengkapan dokumen perjalanan keenam warga asing tersebut, KSKP Bakauheni menyerahkan kepada pihak Imigrasi Kelas 3 Kalianda, Lampung Selatan.

Sementara menurut Kasubsi Sistekinfo Wasdakim Kantor Imigrasi Kelas 3 Kalianda, Ryo Achdar, untuk saat ini keenam warga negara asing tersebut, berangkat dari Somalia tidak secara bersama, akan tetapi mereka bertemu dan berkumpul di Malaysia,

"Mereka akan menuju ke Bogor, Jawa Barat untuk mencari suaka atau perlindungan, setelah naik bus dari Palembang, Sumatera Selatan," kata Ryo.

Selanjutnya mereka akan ditempatkan diruang deteni Imgrasi Kalianda, sampai menunggu keputusan dari Dirjen Imigrasi yang akan menampung mereka selanjutnya.

"Tidak akan dipulangkan ke negara mereka, karena adanya perjanjian internasional yang memperbolehkan warga negara asing yang mencari suaka," ujar Ryo. (yb)

BERITA LAINNYA