Berawal Dari Geber-Geber, Camat Kalianda Lirik Nilai Ekonomis dari Sampah
-->
Kategori Berita
POLLING PILKADA LAMPUNG SELATAN 2020
NANANG ERMANTO
HIPNI
TONY EKA CHANDRA
BELUM ADA PILIH

Header Menu

Sabtu, 25 Maret 2017

Berawal Dari Geber-Geber, Camat Kalianda Lirik Nilai Ekonomis dari Sampah

Kalianda, KaliandaNews - Gerakan bersih-bersih (Geber) terus dilakukan oleh Camat Kalianda Erdiyansah, SH, MM.
Masyarakat Desa Kesugihan dan Pematang Kalianda bergotong royong di turunan Tabak, Jum'at (24/3)
Kali ini sasaran geber Erdy adalah lokasi tumpukan sampah yang di tanjakan atau turunan tabak yang berada di Desa Pematang Kecamatan Kalianda Lampung Selatan. Jum'at (24/3) kemarin.

Tak sendirian, Erdy mengajak Kepala Desa Pematang,  Kesugihan serta warga sekitar untuk membersihkan tumpukan sampah yang sudah cukup lama menumpuk di sekitar jalan tersebut.

"Kita angkut sampah-sampahnya agar terlihat bersih, dengan begini mudah-mudahan warga yang biasanya membuang sampah disini enggan untuk kembali membuang sampah." Ungkap Erdy.

Selain geber, kedepan pihak Kecamatan Kalianda akan meminta setiap Desa memiliki sistem pembuangan, pengangkutan dan pengolahan sampah yg terpadu agar pengelolaan sampah di Kalianda terkonsep serta tak lagi semeraut.

"Kita buat konsep seperti itu supaya warga senantiasa menjaga kebersihan dan warga bisa buang sampah  pada tempat yang disediakan." Terang alumni Universitas Lampung tersebut.

Ia juga mengatakan baik desa maupun kelurahan di Kalianda diharapkan agar bisa mengikuti program geber ataupun konsep pengangkutan dan pengolahan sampah terpadu.

"Bisa dipantau mana bangunan atau tanah kosong siring yang dijadikan tempat membuang sampah agar dibersihkan. selain itu baik desa maupun kelurahan kita harapakan memiliki lokasi tanah kosong yang bsa disiapkan sebagai tempat pembuangan sampah akhir yang kedepan bisa jadi bank sampah." Jelasnya.

Sehingga, selain memperbaiki pengelolaan sampah bank sampah juga dapat memberikan nilai ekonomis terhadap warga sekitar. (Kur)