13 Jurnalis Televisi di Lampung Lulus Uji Kompetensi
-->
Kategori Berita
POLLING PILKADA LAMPUNG SELATAN 2020
NANANG ERMANTO
HIPNI
TONY EKA CHANDRA
BELUM ADA PILIH

Header Menu

Senin, 10 April 2017

13 Jurnalis Televisi di Lampung Lulus Uji Kompetensi

IJTI Pengda Lampung
Suasana uji kompetensi IJTI. (istimewa)
Bandarlampung - Penguji dari Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Pusat menyatakan 13 jurnalis televisi di Lampung dinyatakan lulus dalam uji kompetensi yang digelar IJTI Pengda Lampung.
    
Dalam siaran pers yang diterima di Bandarlampung, Minggu, penguji berjumlah empat orang yakni Jamalul Insan, Moebanoe Moera, Machsus Thamrin dan Heri Kurniawan yang sudah mendapat sertifikasi dari Dewan Pers Maupun Kementrian Tenaga Kerja.
    
Kelulusan ke-13 jurnalis ini berdasarkan hasil penilaian dan Rapat Tim Penguji dalam Uji Kompetensi yang berlangsung dari tanggal 7-9 April 2017 di ruang Tapis Pemkot Bandar Lampung.
    
Ke-13 jurnalis yang lulus dinyatakan kompeten terdiri dari satu jurnalis tingkat utama, satu jurnalis tingkat madya dan 11 jurnalis tingkat muda untuk kategori reporter maupun campers.
    
"IJTI merupakan lembaga penguji jurnalis televisi yang sudah mendapat legalitas dari Dewan Pers dan satu-satunya lembaga yang mendapat izin dari Kementerian Tenaga Kerja untuk mengeluarkan sertifikat kompetensi baik untuk jurnalis televisi maupun perguruan tinggi dan SMK yang berkenaan dengan pertelevisian, " kata Jamalul Insan, Ketua Bidang Kompetensi dan Diklat IJTI Pusat.
   
 Untuk itu, Jamal  meminta kepada ke-13 jurnalis di Lampung yang dinyatakan kompeten baik tingkat muda, madya maupun utama untuk menjaga integritas sebagai jurnalis televisi.
    
"Uji kompetensi ini untuk memotret apakah jurnalis televisi yang bekerja itu baik level pemimpin redaksi, produser maupun reporter di daerah itu kompeten atau tidak kompeten," ujar jamal.
    
Selama mengikuti proses UKJ TV para peserta diwajibkan mengikuti ujian yang sudah ditentukan mulai dari praktik, wawancara, chek call nara sumber hingga pendalaman materi tentang Undang-undang pers, Kode Etik Jurnalis dan P3SPS. Selain itu untuk level Madya dan Utama akan diuji sesuai tugas kesehariannya bekerja.
    
Ketua IJTI Pengda Lampung Aris Susanto berharap kepada para jurnalis televisi lainnya dapat mengikuti uji kompetensi hingga dinyatakan sebagai jurnalis televisi kompeten. dari 15 orang peserta yang rencananya akan mengikuti UKJTV ini, hanya 13 orang yang hadir. Sedangkan 2 orang kebetulan berhalangan hadir pada saat pelaksanaan kegiatan. "Alhamdulillah melalui ujian yang cukup mendebarkan dan seleksi ketat dari penguji semua dinyatakan lulus UKJTV," ujar aris.
    
Aris menyampaikan terima kasih kepada pihak yang telah membantu kelancaran UKJ TV terutama Pemkot Bandarlampung, Pemkab Lampung Tengah dan kepolisian.
    
"Kami menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang sudah memberi support bagi terlaksananya UKJ TV ini," kata dia. (Antara)