Geger Ular Piton, Ini Sederet cerita tragis manusia dimangsa ular
-->
Kategori Berita
POLLING PILKADA LAMPUNG SELATAN 2020
NANANG ERMANTO
HIPNI
TONY EKA CHANDRA
BELUM ADA PILIH

Header Menu

Minggu, 02 April 2017

Geger Ular Piton, Ini Sederet cerita tragis manusia dimangsa ular

Tewasnya Salibro Akbar (25) akibat ditelan utuh-utuh ular piton telah menggegerkan masyarakat Indonesia. Kejadian tersebut terjadi  di sebuah perkebunan sawit Desa Salubiro, Kabupaten Mamuju Tengah Provinsi, Sulawesi Barat. Minggu (26/3) pekan kemarin.

Ular piton ditemukan di Malaysia REUTERS/Malaysia Civil Defence Force

Ular sepanjang tujuh meter tersebut menelan korban bulat-bulat usai melilitnya. Korban ditemukan dalam perut ular dengan kondisi utuh namun sudah tidak bernyawa.

Menurut ketua Yayasan SIOUX Ular Indonesia, Aji Rachmat Purwanto, ular tersebut diperkirakan sedang berburu mangsa dan sangat kelaparan. Sebab, jika tidak sedang berburu atau kelaparan, biasanya ular hanya akan menyakiti dan membunuh korban.

Makanan ular biasanya adalah hewan atau makhluk lain yang lewat di area berburunya. Ular tidak bisa membedakan jenis makanan di alam. Yang terdekat dari areanyalah yang akan diburu dan dimakan.

Namun karena saat ini habitat ular semakin terkikis akibat penebangan hutan yang dilakukan manusia serta tidak tersedianya satwa besar untuk dimangsa, maka banyak ular berkeliaran mencari korbannya di wilayah yang ditinggali manusia.

Selain itu, tidak sedikit juga orang yang beranggapan bahwa ular bisa dijadikan sebagai hewan peliharaan. Padahal, ular merupakan hewan yang kemungkinan besar bisa memangsa pemiliknya sendiri.

Rupanya, tragedi manusia dimangsa ular tidak hanya ditemukan di Indonesia, tetapi juga di belahan dunia lain. Dilansir dari merdeka.com telah merangkum kisah ular memangsa manusia, berikut ulasannya:

1. Ular piton ini makan pria yang sedang mabuk berat

Sebuah kabar menghebohkan datang dari India di mana dilaporkan seekor ular piton telah memakan seorang lelaki yang sedang mabuk berat.

Seperti dilansir Horrosociety (28/11), kejadian ini dilaporkan terjadi ketika pria malang tersebut sedang mabuk berat sehingga tak sadarkan diri dan tergeletak di luar toko minuman keras tempatnya menenggak minuman.

Malangnya ketika tak sadarkan diri tersebut, seekor ular piton besar menemukannya dan langsung memakan pria dewasa ini hidup-hidup. Memang jika dilihat dari foto di atas, terlihat bagian perut ular ini mengembang dari ukuran aslinya dan membentuk tubuh manusia.

Peristiwa ular piton memakan manusia di India tepatnya di Attapady, Kerala ini langsung menghebohkan banyak orang termasuk di situs jejaring sosial seperti Youtube ataupun Twitter.

2. Nekat menerobos kandang, penjaga kebun binatang dililit ular piton hingga badannya remuk

Seorang penjaga kebun binatang di Caracas, Venezuela tewas dimangsa ular yang ada di kandang. Hal tersebut terjadi lantaran Erick Arrieta, nama penjaga kebun binatang itu, nekat menerobos masuk ke dalam kandang ular piton.

Ular piton tersebut diketahui baru saja ditempatkan di kebun binatang tersebut dan belum pernah ditampilkan secara langsung ke publik. Tidak diketahui alasan Arrieta masuk ke dalam kandang berisi hewan berbahaya tersebut, seperti dilansir BBC, Agustus 2008.

Arrieta tewas dililit hewan berdarah dingin tersebut hingga badannya remuk. Namun karena situasi saat itu masih tengah malam, tidak ada seorang pun yang mendengar teriakan minta tolong Arrieta.

Pria 29 tahun tersebut ditemukan keesokan harinya oleh rekan-rekannya. Saat itu, posisi ular sudah akan mencoba memasukkan Arrieta ke dalam tubuhnya. Namun saat ular mulai menelan kepalanya, rekan yang lain langsung memukul sang ular untuk mencegah.

Kejadian tersebut otomatis membuat geger kebun binatang. Pasalnya, postur tubuh Arrieta dinilai cukup besar untuk dimangsa ular sepanjang 10 kaki (sekitar 3 meter).

3. Ular piton tewaskan anak, pria AS dipenjara

Meski dikategorikan sebagai hewan liar, tidak sedikit orang yang berani memelihara ular. Padahal, menjadikan ular sebagai binatang peliharaan bisa mendatangkan resiko yang sangat besar.

Seorang pria asal Oxford, Amerika Serikat, harus mendekam di penjara lantaran ular peliharaannya menewaskan putrinya sendiri. Ular piton tersebut memangsa putrinya setelah berhasil keluar dari kandangnya.

Tidak diketahui kapan tepatnya sang ular memangsa putrinya yang masih belita. Namun, balita malang itu baru ditemukan di pagi hari dalam keadaan tewas dengan posisi kepala sudah masuk ke dalam mulut ular piton.

Polisi yang melakukan penyelidikan mengatakan ular berhasil kabur lantaran kandang yang sejatinya digunakan untuk mengurung tersebut tidak dikunci dengan baik. Selain itu, ular tersebut juga diduga tengah kelaparan karena saat ditemukan tubuhnya kurus sekali. Hal itu mungkin menyebabkan ular tersebut menjadi agresif.

Kisah diatas tentu hanya sekelumit saja, karena banyak sekali kisah serupa, namun yang pasti, alangkah bijaknya jika manusia turut menjaga habitat mereka, karena jika tidak bukan tidak mungkin, kita akan dimangsa mereka. (red | merdeka.com)