Goodbye Putih Abu-Abu, Setelah Lulus Mau Ngapain?
-->
Kategori Berita
POLLING PILKADA LAMPUNG SELATAN 2020
NANANG ERMANTO
HIPNI
TONY EKA CHANDRA
BELUM ADA PILIH

Header Menu

Senin, 10 April 2017

Goodbye Putih Abu-Abu, Setelah Lulus Mau Ngapain?

Goodbye Putih Abu-Abu, Setelah Lulus Mau Ngapain?
Kaliandanews.com - Kata orang masa-masa SMA adalah masa-masa yang indah, kalimat itu mungkin ada benarnya,oleh karena itu bagi kalian yang sedang berada di masa ini, harus memanfaatkan masa ini sebaik-baiknya agar setelah lulus nanti mempunyai kesan yang mendalam. Setidaknya jika perpisahaan kelulusan nanti, air mata kalian adalah air mata kebahagiaan bukan air mata penyesalan.

Berbicara kelulusan, Setelah lulus mau ngapain? Diantara kamu pasti ada yang menghadapi pertanyaan begitu setelah ujian nasional atau setelah tahu kamu lulus SMA.

Beberapa sudah tahu mau ke mana. Tapi ada juga yang masih bingung.

Biar kalianda tak bingung, ini ada beberapa saran untuk kalian dalam mempersiapkan segala sesuatu setelah lulus SMA:

Ingin melanjutkan pendidikan ke universitas

Kuliah bukan hanya mempersiapkan diri memasuki dunia kerja. Tapi ini adalah tahap di mana kamu akan belajar untuk makin mengenal diri sendiri dan duniamu. Jadi, pilihlah universitas yang sesuai denganmu. Mulailah dengan bertanya pada diri sendiri: bidang apa yang kamu suka? Apakah akan memilih kampus yang dekat atau jauh dari tempat tinggalmu sekarang?

Setelah menentukan pilihan, mintalah sekolah untuk mengirimkan pengajuan atau undangan. Ingat, pasti bukan kamu seorang yang ingin ke sana, kamu akan punya saingan.

Universitas yang kamu bidik akan membandingkan kamu dan kandidat lain. Mereka mempertimbangkan nilaimu, peringkat di sekolah, keaktifanmu dalam organisasi, dan sebagainya. Pastikan kamu sudah memenuhi syarat-syarat itu.

Nah, kuliah di universitas juga pasti membutuhkan banyak biaya. Tapi jangan khawatir. Zaman sekarang ada banyak beasiswa yang bisa membantumu, sepanjang kamu memenuhi syarat.

Ingin langsung bekerja

Mungkin kamu dari SMK, sehingga setelah lulus fokus kamu adalah bagaimana langsung bekerja. Dunia kerja juga banyak kok membutuhkan tenaga-tenaga muda seperti kamu.

Pastikan orang tuamu memberikan izin. Minta juga pendapat guru pembimbing atau guru favoritmu mengenai dunia kerja di luar sana. Kamu juga bisa berselancar di Internet atau mencari informasi melalui media cetak, untuk menemukan lowongan kerja yang sesuai denganmu.

Bukan kuliah, tapi kursus

Ada juga lho yang setelah lulus SMA tak melanjutkan kuliah atau bekerja. Mereka memilih mendalami minatnya dengan kursus. Sekarang kan ada banyak tempat-tempat kursus dan banyak juga yang menjamin lulusannya langsung bekerja atau minimal siap kerja.

Sebelum kamu memilih langkah, cobalah berdiskusi dengan orang terdekat, khususnya keluarga. Dengan begitu, kamu akan mantap melangkahkan kaki.

Ingin Istirahat dulu alias menganggur

Pilihan untuk menganggur sebenarnya diambil karena terpaksa,  dan banyak faktor lain. Sebaiknya pilihan ini jangan sampai kalian pilih, kenapa? karena banyak sekali kasus dimasa ini kaum muda banyak yang terlena bahkan terjerumus, selagi ada kemauan dan kesempatan, laksanakan! minimal berusaha agar masa depan kalian cerah.

(red | dari berbagai sumber)