Gubernur Lampung Hadiri Rembug Tani di Sidomulyo Lampung Selatan
-->
Kategori Berita
POLLING PILKADA LAMPUNG SELATAN 2020
NANANG ERMANTO
HIPNI
TONY EKA CHANDRA
BELUM ADA PILIH

Header Menu

Minggu, 09 April 2017

Gubernur Lampung Hadiri Rembug Tani di Sidomulyo Lampung Selatan

Kalianda, Kaliandanews.com – Ratusan petani, penyuluh dan petugas pertanian menghadiri kegiatan rembug tani yang dipusatkan di Lapangan Desa Siderejo, Kecamatan Sidomulyo, Lampung Selatan, Minggu (09/4).

Kegiatan yang diprakarsai oleh organisasi profesi penyuluh yakni Perhimpunan Penyuluh Pertanian (Perhiptani) Provinsi Lampung turut dihadiri Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo, Ketua DPW Perhiptani Provinsi Lampung Ir. Sutono, MM, Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Selatan Ir. Fredy SM, MM.

Kegiatan rembug tani yang diikuti petani dari lima kabupaten, yakni Tanggamus, Pringsewu, Lampung Tengah, Pesawaran, dan Lampung Selatan selain sebagai ajang silaturahmi sekaligus bertujuan untuk memperkenalkan dan menambah wawasan para petani dengan perkembangan teknologi dibidang pertanian.

Menurut Ketua Perhiptani Provinsi Lampung Sutono, kegiatan rembug tani tersebut memiliki beragam manfaat, diantaranya menghimpun dan memfasilitasi para petani guna memberikan masukan terkait permasalahan-permasalahan dibidang pertanian sekaligus upaya pemecahannya.

“Dalam rangkaian acara ini banyak sekali manfaatnya, kedepan kami berharap forum seperti bisa diangkat kembali oleh pemerintah. Untuk itu, jika berkenan Pak Gubernur dapat mencanangkan kegiatan sejenis rembug tani ini. Perhiptani dan seluruh petani di Lampung siap mendukung agar kegiatan ini dapat menjadi agenda nasional,” ujar Sutono yang juga Sekretaris Daerah Provinsi Lampung.

Sementara, Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Selatan Fredy berharap, kegiatan tersebut dapat meningkatkan motivasi dan semangat para petani untuk berkompentisi, meningkatkan kemampuan kognitif, pengetahuan serta wawasan agar kelak mandiri dan profesional dalam mengelola usaha tani untuk mewujudkan ketahanan dan kemandirian pangan yang berkelanjutan.

“Kirannya rembug tani ini bisa dimanfaatkan sebagai ajang bertukar informasi baik dalam mengelola usaha tani, penanganan pasca panen maupun dalam memasarkan produk hasil pertanian. Kendala dan keberhasilan yang kita hadapi selama ini dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi dalam membangun Pertanian yang lebih maju,” kata Fredy.

Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo dalam penyampaiannya sangat mengapresiasi digelarnya acara tersebut. Dirinya meminta kepada para petani untuk dapat menyampaikan aspirasinya, sehingga pemerintah dapat memfasilitasi kepentingan petani dalam upaya peningkatkan kesejahteraan petani, melalui bantuan dan sarana prasarana pertanian.

“Silahkan nanti disampaikan aspirasinya ke provinsi, agar program-program Pemerintah Provinsi Lampung kedepan bisa lebih memajukan para petani. Saya juga berharap petani, gapoktan, dan poktan tetap semangat  supaya kejayaan pertanian, dan prestasi yang sudah dicapai di Provinsi Lampung bisa lebih baik lagi, sehingga bisa mensejahterakan petani-petaninya,” kata Ridho. (Red | Rls)