MTS N 1 Kalianda : Peduli Ilmu, Peduli Agama dan Peduli Budaya
-->
Kategori Berita
POLLING PILKADA LAMPUNG SELATAN 2020
NANANG ERMANTO
HIPNI
TONY EKA CHANDRA
BELUM ADA PILIH

Header Menu

Rabu, 05 April 2017

MTS N 1 Kalianda : Peduli Ilmu, Peduli Agama dan Peduli Budaya

Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 1 Kalianda Lampung Selatan adalah salah satu MTs terbaik yang ada di Lampung Selatan.


Untuk terus meningkatkan mutu pendidikan di Madasah tersebut, saat ini MTs N 1 Kalianda yang beralamat di Jl. Soekarno Hatta Km 54 Kedaton Kalianda tersebut menerapkan tiga kewajiban yang harus dimiliki dan dikuasai oleh seluruh murid yang ada di MTs itu yakni, Peduli Ilmu, Peduli Agama dan peduli Budaya.
Foto: Tenaga Guru Asing (Dok - MTS N 1 Kalianda)
Kepala MTs N 1 Kalianda,  Ridwan Hawari, MM menerangkan peduli  ilmu, peduli agama dan peduli budaya tersebut dipilih sebagai jargon MTs tersebut agar sisa-siswi yang ada di MTs itu dapat memiliki pengetahuan yang berimbang antara ilmu pengetahuan, agama dan juga kebudayaan terutama budaya Lampung Selatan asli.
Foto: Latihan Manasik Haji (Dok - MTS N 1 Kalianda)
"Untuk pelajaran umum mungkin hampir sama dengan sekolah-sekolah lain. akan tetapi untuk urusan pelajaran agama dan kesenian disini kita lebih tonjolkan."ungkap Ridwan kepada KaliandaNews.com, (04/04/17).

Untuk pendidikan agama misalnya Ridwan menerangkan, di MTs tersebut ada program Tahfidzul Qur'an yakni program penghafalan Al Qurán yang harus dikuasai oleh siswa-siswi minimal 1 juz dalam kurun waktu 3 tahun belajar di MTs tersebut.

"Seluruh siswa mulai dari kelas VII (Tujuh) sampai dengan kelas IX (sembilan)  harus dapat menghafalkan 1 juz dan akan langsung di tes oleh saya sendiri sebagai Kepala MTs"terang dia.

Sementara, untuk kesenian, pihak MTs saat ini telah memiliki sanggar budaya bernama Hanuang Bani (kambing hutan dalam bahasa Lampung) sebagai sarana para siswa-siswi menyalurkan bakat seni terutama seni asli Lampung Selatan.
Foto: sanggar Hanuang Bani (Dok - MTS N 1 Kalianda)
Dalam sanggar Hanuang Bani, para murid disekolah tersebut diajarkan berbagai macam tari-tarian, mulai dari tari bedana, tari piring, tari sembah, tari kreasi bahkan drumband. bahkan tak jarang siswa-siswi di MTs tersebut diundang untuk mengisi suatu acara perorangan maupun Instansi yang ada di Lampung Selatan. 

"Jika ada kegiatan sekolah sudah pasti kita tampilkan, selain itu jka ada tamu guru asing dari amerika dan luar negeri lainnya juga kita tampilkan. bahkan tidak jarang kita mengisi acara dirumah wali murid dan instansi-instansi tertentu seperti Kementerian Agama dan lain-lain."terang dia.
Foto: Keterampilan Rumah Tangga (Dok - MTS N 1 Kalianda))
Untuk tenaga pengajar, Ridwan menerangkan saat ini MTs N 1 Kalianda memiliki 45 guru pengajar, sementara untuk fasilitas saat ini MTs N 1 Kalianda memiliki 1 ruang Kepala Sekolah, 1 Ruang Guru, 1 ruang TU, 1 Laboraturium IPA dan Komputer serta 17 ruang kelas, sedangkan untuk jumlah murid, saat ini MTs 1 Kalianda mencatat sebanyak 743 murid dengan rincian kelas VII (tujuh) sebanyak 262 orang, kelas VIII (delapan) sebanyak 289 orang dan kelas IX (sembilan) sebanyak 192 orang.

Sementara untuk prestasi, saat ini MTs 1 Kalianda telah mengoleksi banyak piala. berikut prestasi-prestasi MTs N 1 Kalianda :

Juara I dan II lomba hifzul Qurán fosar 2014, juara I lomba rangking I fosar 2014, juara I LOMBA FUTSAL FOSAR 2014, JUARA ii daí dan da;iyah fosar 2014, juara II lomba puisi fosar 2014, juara III lomba fisika KSM ingkat Kabupaten Lamsel 2015, juara III lomba aksioma 400 m tingkat Kabupaten Lampung Selatan, juara I dan II lomba aksioma MTQ tingkat Kabupaten lampung Selatan 2015,  juara II lomba aksioma 100 m tingkat Kabupaten Lampung Selatan, juara III lomba PBB penggalang di SMK N 2 Kalianda tahun 2015, juara II pionering putri penggalang tahun 2015, juara II lomba PBB putri penggalang tahun 2015, juara III lomba biologi KSM tingkat Kabupaten Lampung Selatan dan masih banyak lagi. (ADV)