Gerbang Desa Saburai 2017 Bantu Tingkatkan Potensi Desa Hargo Pancoran Lamsel
-->
Kategori Berita
POLLING PILKADA LAMPUNG SELATAN 2020
NANANG ERMANTO
HIPNI
TONY EKA CHANDRA
BELUM ADA PILIH

Header Menu

Rabu, 03 Mei 2017

Gerbang Desa Saburai 2017 Bantu Tingkatkan Potensi Desa Hargo Pancoran Lamsel

Rajabasa, Kaliandanews - Setelah sebelumnya melakukan sosialisasi di Desa Krinjing Kec. Rajabasa Lamsel. Dalam suasana kekeluargaan, Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Kabupaten Lampung Selatan lanjutkan Sosialisasi Gerakan Membangun Desa Saburai 2017 (Gerbang Desa) di Kantor Desa Hargo Pancoran Kecamatan Rajabasa Lampung Selatan, Rabu (3/5) Siang.
Sosialisasi Gerbang Desa Saburai 2017
Hadir pada kesempatan ini, Nasron, S.sos selaku Kabid Kelembagaan Sosial Budaya BPMD Lamsel, Yunizar Adha Selaku Fasilitator Gerbang Desa, Kepala Desa Syarif Hidayat, Aparatur Desa, Tokoh Masyarakat serta Masyarakat Desa Hargo Pancoran.

Pantauan dilokasi, Nasron yang juga sebagai narasumber menyampaikan, agar masyarakat bisa turut serta mendukung dan membantu terkait program pemerintah provinsi tersebut. Mengingat hal itu sangat diperlukan agar program ini bisa berjalan lancar dan bermanfaat untuk warga setempat.

"Masyarakat harus tau akan hal ini, mengingat ini berbeda dari dana desa. Maka dari itu penting adanya dilakukan sosialisasi seperti ini, agar kedepan tidak timbul kebingungan antar masyarakat" Papar Nusron

Lanjut Nusron menjelaskan, Program ini dilaksanakan berdasarkan acuan Indek Kemajuan Desa (IKD). Dimana, pihak aparat desa tidak semerta merta menggunakan dana tersebut untuk hal yang tidak bermanfaat atau tidak relevan bagi masyarakat.

"Jadi dana ini nantinya dibangun berdasarkan keperluan masyarakat dan manfaat yang mengacu pada riset Badan Pusat Statistik (BPS). Artinya dana ini tidak boleh asal-asalan digunakan harus sesuai dengan IKD, agar lebih berdampak baik terhadap masyarakat" Jelasnya

Sementara Fasilitator Gerbang Desa Menambahkan, pihaknya mengaku sudah beberapa kali bermusyawarah kepada pihak desa. Dari hasil musyawarah tersebut, pihak Desa mengajukan pembangunan Sarana Pelengkap Kantor Desa. Dimana, selain bermanfaat bagi masyarakat, usulan itu juga dinilai mampu meningkatkan Potensi Wisata dan perekonomian yang ada di Desa Hargo Mancoran.

"Usulan itu sudah kami musyawarahkan dan sudah kami ajukan kepada pihak provinsi. Alhamdulilah, walaupun melalui beberapa proses, usulan itu telah di setujui. Mengingat hal itu mampu memberikan potensi PAD (Pendapatan Asli Daerah) bagi Desa setempat dan juga bisa dinikmati oleh masyarakat luas" Ucap Nizar.

Lebih dalam ia menjelaskan, Sarana tersebut berupa penunjang kantor desa yang ditujukan untuk masyarakat dan berisi berbagai fasilitas. Seperti taman bermain anak, lapangan, joging track, track reflexy untuk warga lanjut usia, area kuliner untuk warga berjualan, serta bangunan berbentuk panggung untuk menunjang kegiatan desa.

"Dilokasi itu menyatu dengan PAUD, Kantor Desa dan pemandangan wisata Gunung Krakatau. Jika hal itu disinergikan, maka akan mencakup berbagai potensi. Seperti wisatanya serta kedepan mampu menunjang perekonomian masyarakat" Lanjut Nizar.

Ditempat yang sama Kades Hargo Pancoran mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Pihk Gerbang Desa. Menurutnya bantuan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, apalagi program ini kedepan mampu menjadi salah satu tempat perputaran ekonomi masyarakat serta menunjang potensi desa.

"Dengan adanya program ini, saya harap masyarakat bisa mendukung, bahkan bisa juga memberikan masukan atau saran. Sehingga program ini bisa berjalan lebih maksimal lagi" Tutup Syarif. (Red)