Pak Kapolri Kembalikan Ike Edwin Jadi Kapolda Lampung
-->
Kategori Berita
POLLING PILKADA LAMPUNG SELATAN 2020
NANANG ERMANTO
HIPNI
TONY EKA CHANDRA
BELUM ADA PILIH

Header Menu

Selasa, 02 Mei 2017

Pak Kapolri Kembalikan Ike Edwin Jadi Kapolda Lampung

KEMBALIKAN Irjen Pol, Ike Edwin Jadi Kapolda Lampung. Kalimat itulah saat ini yang selalu diserukan oleh masyarakat Lampung, yang semakin ramai dibicarakan baik melalui obrolan maupun didunia jejaring sosial (Medsos).

Sosok Staf Ahli Kapolri, DR.Drs.Hi. Irjen Pol Ike Edwin, SH,MH,MM, saat menjabat Kapolda Provinsi Lampung, meski hannya sebentar memang telah meninggalkan kesan yang mendalam dan tidak bisa dilupakan oleh masyarakat Provinsi setempat.

Kesan yang dirasakan oleh masyarakat Lampung, dari sosok Jendral berbintang dua yakni, Ike Edwin yaitu, seorang pemimpin yang tegas dan sangat dekat dengan masyarakat serta dinilai sanggup mengayomi masyarakat Lampung.

Tidak heran jika setelah Ike Edwin di pindah tugaskan di Mabes Polri sebagai staf  ahli, kekecewaan yang mendalam sangat dirasakan oleh semua kalangan terutama masyarakat Lampung.

Seperti kita ketahui Ike Edwin bertugas di Lampung, yang merupakan kampung halamannya, selama hampir 10 bulan. Ia dilantik oleh Kapolri (waktu itu) Jenderal Pol Badrodin Haiti pada 11 Januari 2015. Sebelum menjabat Kapolda, Ike bertugas di Sulawesi Selatan sebagai Wakapolda.

Dalam Surat Telegram Kapolri No ST/2434/X/2016 tertanggal 5 Oktober 2016 yang ditandatangani Wakapolri Komjen Pol Syafruddin, disebutkan, pengganti Ike adalah Brigjen Pol Sudjarno, yang saat itu menjabat Karo Binopsnal Baharkam Polri.

Selama bertugas di Lampung, Ike Edwin yang lulusan Akpol 1985 membuat banyak terobosan yang menjadikan citra polisi semakin baik, semakin dekat, dan semakin dicintai oleh rakyat.

Satu di antaranya dengan berkantor di luar Mapolda. Ia menerima keluhan, bahkan protes, dari masyarakat terkait aktivitas penegakan hukum oleh polisi.

Dengan berkantor di luar Mapolda, selain lebih dekat dengan masyarakat, ia juga langsung memberikan solusi dengan menghubungkan ke pihak terkait.

Ike juga menjadikan polisi semakin bermanfaat dengan menurunkan mereka ke lapangan, terutama pada pagi hari, untuk mengatur lalu lintas.

“Daripada mereka duduk di belakang meja, lebih baik turun lapangan sehingga manfaatnya bisa langsung dirasakan oleh masyarakat,” kata Ike Edwin pada waktu lalu.

Selain sebagai perwira tinggi Polri, Ike Edwin juga merupakan bangsawan tinggi, yang saat ini menjabat Perdana Menteri Kepaksian Pernong Kerajaan Adat Paksi Pak Skala Brak. Ia bergelar Dang Gusti.

Sehingga tidak heran jika kurun waktu selama 10 bulan menjabat sebagai Kapolda Lampung, Ike Edwin kebanjiran penghargan mulai dari tokoh Nasional dan Internasional.

Berdasarkan data yang dihimpun pula, berkat prestasinya menjabat sebagai Kapolda Lampung, Ike Edwin berhasil mendapatkan sejumlah penghargaan diantaranya yakni, Piagam Muri, atas prestasinya yang telah berhasil menekan dan menjadikan Lampung Aman,Nyaman,Narkoba dan Begal Berkurang.

Pemberian Piagam Rekor Muri tersebut sangatlah beralasan, karena selama beberapa pergantian Kapolda baru Ike Edwin yang berhasil menekan angka kejhatan mencapai 30 persen lebih dari angka 11 persen yang  dilakukan oleh Kapolda sebelumnya. Jika boleh dikatakan, Ike Edwin adalah salah satu Kapolda se-Indonesia yang sukses menekan angka kriminal atau kejahatan hingga mencapai 30 persen lebih.

Selain itu, Ike Edwin juga dikenal oleh masyarakat Lampung seorang sosok pemimpin seperti bukan seorang Kapolda. Pasalnya meski menjabat Kapolda dirinya seperti orang biasa dan selalu membaur dengan masyarakat. Ike Edwin juga tidak sungkan-sungkan menyapa dan mengajak makan bersama anak-anak gelandangan dan pengemis serta masyarakat kecil baik dilingkungan rumahnya maupun dimana saja dia berada.

Bahkan, meski dia sudah pindah tugas menjabat Staf Ahli Polri, demi kecintaannya dengan budaya Lampung, Ike Edwin berhasil menciptakan salam Lampung Bermartabat hingga menjadi viral dan mendunia. Salam (L) yang selama ini kita kenal hampir semua kalangan baik anak-anak maupun orang tua hampir mewarnai disemua sudut-sudut penjuru tanah air bahkan sampai ke manca negara. Salam L juga berhasil viral didunia jejaring sosial (Medsos) sehingga Provinsi Lampung dikenal seantero jagat.

Oleh karena dasar tersebut, hingga saat ini masyarakat Lampung serta para tokoh adat, masyarakat, pemuda dan kalangan ormas menginginkan kembali Ike Edwin menjabat Kapolda Lampung.

Bahkan, melalui media sosial baik secara surat terbuka dan deskan sejumlah kalangan berharap kepada Kapolri dan Presiden agar mengembalikan jabatan Ike Edwin sebagaia Kapolda Lampung.

Lampung  butuh sosok pemimpin seperti Ike Edwin, mengingat Provinsi Lampung saat ini masuk daerah yang disorot sebagai wilayah rawan akan peredaran Narkoba serta kriminalitas yang sangat tinggi.

Rakyat yakin jika Kapolri dan Presiden mengembalikan Ike Edwin sebagai Kapolda Lampung, Provinsi Lampung akan Aman,Nyaman dan Narkoba serta Begal yakin Berkurang. Semoga Kapolri dan Presiden mendengarkan keluhan masyarakat.

Jangan sampai masyarakat yang menjemput dan menghadap Kapolri serta Presiden untuk meminta dan membawa Irjen Pol Ike Edwin, untuk di bawa pulang kekampung halaman untuk menjadi Kapolda agar Lampung aman dan sejahtera. Itulah gejelak masyarakat Lampung yang berkembang saat ini.(*).

Penulis : M. Nurullah (Pemimpin Umum/Redaksi, Duta Lampung dan Pena Berlian).