'Tingkatkan Populasi Sapi' Disnak dan Keswan Lamsel Lakukan Penyuntikan Vitamin
Kategori Berita

Iklan Halaman Depan

Header Menu

Selasa, 16 Mei 2017

'Tingkatkan Populasi Sapi' Disnak dan Keswan Lamsel Lakukan Penyuntikan Vitamin

Sidomulyo, Kaliandanews - Setelah melakukan kegiatan berkantor di UPT Puskeswan Kecamatan Sidomulyo - Way Panji, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnak dan Keswan) Lampung Selatan melanjutkan kunjungannya ke kelompok ternak di Dusun Rejosari Desa Kota Dalam Kecamatan Sidomulyo Lampung Selatan, Selasa (16/5).
Foto: Drh. Arsyad Husein
Pada kunjungan ini, Disnak dan Keswan Lamsel melakukan pengobatan massal terhadap sapi yang terjangkit penyakit, seperti cacingan, kurus dan kekurangan vitamin.

"Kita lakukan pengobatan Massal ini, untuk meminimalisir penyakit tersebut, dengan memberikan obat cacing dan suntik vitamin, agar sapi tersebut sehat dan mempunyai nafsu makan yang baik" Papar Drh. Arsyad Husein.

Kendati demikian, mantan Kepala Bidang Kesehatan Hewan Disnak dan keswan Provinsi Lampung itu tak serta merta hanya melakukan pengobatan saja. Namun, Disnak dan Keswan lamsel tersebut juga melakukan pemeriksaan reproduksi, yang ditujukan kepada sapi yang memiliki gangguan reproduksi.

"Kita akan periksa dan kemudian dilakukan penanganan, salah satunya dengan cara penyuntikan VIT ADE agar reproduksi kembali normal sehingga diharapkan akan meningkatkan populasi sapi dan menunjang program UPSUS SIWAB ( Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting)" Terang Arsyad.

Informasi yang di himpun kaliandanews, kegiatan tersebut memang sudah dilakukan di beberapa kecamatan seperti Jati Agung dan Natar. Kegiatan ini akan diadakan secara bergilir dan bertahap hingga menyentuh ke seluruh Kecamatan yang ada di Lampung Selatan. Sehingga peternak bisa langsung mendapatkan pembinaan dari Instansi terkait. (nz)