Arus Balik di Bakauheni, Sejumlah Pemudik Pingsan Akibat Kelelahan
-->
Kategori Berita
POLLING PILKADA LAMPUNG SELATAN 2020
NANANG ERMANTO
HIPNI
TONY EKA CHANDRA
BELUM ADA PILIH

Header Menu

Kamis, 29 Juni 2017

Arus Balik di Bakauheni, Sejumlah Pemudik Pingsan Akibat Kelelahan

Arus Balik di Bakauheni, Sejumlah Pemudik Pingsan Akibat Kelelahan
Arus Balik di Bakauheni | Foto: Dok. Liputan6
Memasuki H+4 Hari Raya Idul Fitri, sejumlah pemudik pejalan kaki pingsan saat arus balik di Pelabuhan Bakauheni, Lampung menuju Pelabuhan Merak, Banten, Kamis (29/4).

"Hari ini ada beberapa pemudik pingsan, tapi tidak parah hanya saja membutuhkan istirahat sementara," kata Rahmi, dokter di pos kesehatan mudik Pelabuhan Bakauheni seperti dilansir Antara.

Salah satu penumpang yang memerlukan istirahat lama yakni Sugiyani (34) dari Kabupaten Pesawaran. Penumpang yang pingsan tersebut terjangkit penyakit ispa, sehingga perlu perawatan.

"Yang bersangkutan hanya membutuhkan istirahat dan meminum obat-obatan agar tenaganya pulih kembali," kata dia.

Untuk pertolongan pertama diberikan bantuan pernapasan, setelah itu diminta untuk beristirahat kurang lebih satu jam.

Sugiyani pingsan pukul 13.00 WIB saat akan masuk ke Kapal Mustika Kencana melalui dermaga satu, kondisi yang berdesak-desakan diduga kuat penumpang pingsan.

Tim kesehatan yang saat itu melihat langsung memberikan pertolongan dengan membawanya ke pos kesehatan Dari data sementara penumpang yang pingsan ada tiga, total keseluruhan pemudik yang memerlukan perawatan 14 orang.

Berdasarkan pantauan sejak pukul 12.30 WIB jumlah arus pemudik pejalan kaki meningkat dari hari kemarin dan puncaknya terjadi pukul 13.00 WIB.

PT. ASDP cabang Bakauheni, memecah antrean dengan mengirim pemudik pejalan kaki ke dermaga yang dianggap sepi. Seperti dermaga tujuh, enam dan lima. Pemudik dikirim menggunakan bus yang sudah disediakan, ke dermaga yang lengang. (Red)