Puncak Arus Balik Lebaran di Bakauheni Diperkirakan Sabtu
-->
Kategori Berita
POLLING PILKADA LAMPUNG SELATAN 2020
NANANG ERMANTO
HIPNI
TONY EKA CHANDRA
BELUM ADA PILIH

Header Menu

Selasa, 27 Juni 2017

Puncak Arus Balik Lebaran di Bakauheni Diperkirakan Sabtu

Suasana Arus Mudik di Pelabuhan Bakauheni |Foto: net 
Bakauheni - Arus balik pemudik dari Sumatera ke Jawa melalui Pelabuhan Bakauheni Lampung diperkirakan mencapai puncak pada Sabtu (1/7) atau lima hari setelah Lebaran 20
17, namun antrean kendaraan diperkirakan tidak sepadat seperti arus mudik di Pelabuhan Merak.

Selain itu, pantauan di Jalinsum ruas Bandarlampung-Bakauheni, Senin (26/6), menunjukkan kendaraan yang melintas umumnya menuju tempat-tempat wisata seperti Pasir Putih yang lokasinya berada di lintasan Jalinsum Bandarlampung-Bakauheni.

Sehubungan itu, beberapa kalangan memprediksikan arus balik pekerja sektor formal, seperti PNS dan karyawan swasta/BUMN, akan mulai ramai pada Jumat hingga Minggu (H+6), namun puncaknya diyakini pada Sabtu.

Sementara, arus balik pekerja sektor informal biasanya berlangsung setelah aktivitas perkotaan di Jawa sudah mulai pulih. Dengan demikian, puncak arus balik pekerja sektor informal diperkirakan terjadi pada 7-8 Juli 2017.

Sebelumnya Manager Operasi PT ASDP Cabang Bakauheni, Sugeng Purwono, juga memperkirakan arus balik akan ramai mulai Jumat hingga Minggu, karena para PNS dan pekerja swasta sudah bekerja mulai Senin (3/7).

Jumlah pemudik asal Jawa yang menyeberang ke Sumatera dari Pelabuhan Merak Banten mulai H-10 hingga H-1 Lebaran mencapai 807.114 orang, sedang jumlah kendaraan yang diseberangkan sebanyak 168.845 unit.


(Antara)