Buruan! Pemerintah Buka 19.210 Lowongan CPNS Mulai dari Lulusan SMA
-->
Kategori Berita
POLLING PILKADA LAMPUNG SELATAN 2020
NANANG ERMANTO
HIPNI
TONY EKA CHANDRA
BELUM ADA PILIH

Header Menu

Selasa, 11 Juli 2017

Buruan! Pemerintah Buka 19.210 Lowongan CPNS Mulai dari Lulusan SMA

Lowongan cpns 2017

Lowongan CPNS 2017 - Pemerintah hari ini membuka lowongan menjadi CPNS untuk tiga profesi, yakni Hakim, Petugas Tahanan atau Sipir, dan Analisis Imigrasi dengan total 19.210 orang.

Apa saja syaratnya?

Untuk kategori profesi Hakim, Mahkamah Agung (MA) menyiapkan sejumlah kualifikasi untuk ditempatkan di peradilan umum, peradilan agama dan peradilan tata usaha negara. Untuk posisi calon hakim ini, kualifikasi hanya untuk sarjana (S1) hukum, sarjana (S1) syariah dan sarjana (S1) hukum Islam. 

Untuk kategori profesi Penjaga Tahanan atau Sipir, persyaratan yang diberikan Kementerian Hukum dan HAM (Kememkumham) ialah pelamar memiliki kualifikasi SLTA Sederajat yang menguasai komputer.

Kemudian untuk kategori profesi Analisis Keimigrasian, persyaratan yang diberikan Kemenkumham ialah pelamar memliki kualifikasi sarjana (S1) untuk beberapa jurusan. Dan untuk 19 jabatan lainnya di Kemenkumhan, kualifikasi yang dicari ialah sarjana (S1) dan D-III dari beberapa jurusan.

Tak hanya itu pendaftaran CPNS untuk tiga profesi tersebut dengan melalui jalur online ini juga tidak dipungut biaya sepeser pun alias gratis. 

Masyarakat yang ingin melamar dapat melihat informasi resmi terkait dengan persayaratan pendaftaran dan jadwal dapat diakses paling lambat pukul 24.00 WIB, di berbagai situs. Antara lain:

a. Situs Kementerian PANRB: www.menpan.go.id
b. Situs BKN: https://sscn.bkn.go.id
c. Situs Mahkamah Agung: https://www.mahkamahagung.go.id, http://badilum. mahkamahagung.go.id, http://badilag.mahkamahagung.go.id, http://ditjenmiltun. mahkamahagung.go.id/
d. Situs Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia: http://cpns.kemenkumham2017.go.id

Seperti halnya seleksi CPNS sebelumnya, pendaftaran dilakukan secara online dan terintegrasi secara online melalui https://sscn.bkn.go.id pada tanggal 1 – 31 Agustus.

Seperti halnya tahun sebelumnya, satu orang pelamar hanya bisa mendaftar untuk satu jabatan di satu instansi. Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi, berhak mengikuti seleksi kompetensi dasar (SKD) dengan sistem Computer Assisted Test (CAT). Selain SKD, juga dilakukan Seleksi kompetensi bidang (SKB).

Menteri Asman menegaskan, pelaksanaan seleksi CPNS ini dilakukan berdasarkan prinsip kompetitif, adil, objektif, transparan, bersih dari praktik KKN, dan tidak dipungut biaya, sehingga tidak bisa diintervensi oleh pihak manapun. Setelah selesai ujian, perserta akan langsung mengetahui nilainya.

“Jadi jangan percaya kalau ada pihak-pihak yang menawarkan jasa bisa meluluskan seseorang dengan imbalan sejumlah uang. Jangan mau menjadi korban percaloan,” ujarnya.

Baca Juga: Mau Daftar CPNS Secara Online? Berikut Langkah-Langkahnya


(ags/HUMAS MENPANRB)