Kampung Pelangi Palas Pasemah, Tempat Wisata Lampung Selatan yang Instagramable Banget
-->
Kategori Berita
POLLING PILKADA LAMPUNG SELATAN 2020
NANANG ERMANTO
HIPNI
TONY EKA CHANDRA
BELUM ADA PILIH

Header Menu

Senin, 17 Juli 2017

Kampung Pelangi Palas Pasemah, Tempat Wisata Lampung Selatan yang Instagramable Banget

Kampung Pelangi Palas Pasemah
Berwisata hampir tidak mungkin jika tidak dibarengi selfie, baik sendiri maupun bersama orang-orang tercinta, Nah, bagi kamu pecinta travelling tampaknya belum afdol kalau belum mengunjungi tempat wisata yang satu ini.

Adalah Kampung Pelangi, sebuah tujuan wisata baru yang lagi hits yang terletak di Desa Palas Pasemah Kecamatan Palas Kabupaten Lampung Selatan. Objek wisata ini berjarak kurang lebih 19 km dari Kota Kalianda dan bisa ditempuh sekitar 30-45 menit dengan menggunakan kendaraan, baik kendaraan roda dua maupun roda empat.

Jika dilihat sekilas objek wisata yang mengusung tema ekowista ini memang tidak begitu luas, kira-kira hanya seukuran lapangan bola yang ditumbuhi pohon karet. Hal itu tentu sangat wajar mengingat tempat ini memang hanya diperuntukan bagi pencinta selfie dan Photography.

Tempat wisata ini dikelola oleh warga setempat, mulai dari pengaturan jalan, penjagaan loket masuk, penjagaan tempat parkir, sampai pemandu. Spot paling populer untuk berfoto adalah payung-payung dan balon penuh warna senada dengan warna pelangi, payung-payung dan balon tersebut digantung menggunakan tali dan tampak melayang-layang diudara. Akan tampak artistik difoto jika kita tepat membidiknya.

Selain itu terdapat pula puluhan hammock. Hammock adalah tempat tidur gantung adalah jenis tempat tidur berupa kain seperti ayunan yang digantung pada batang pohon karet dikedua ujungnya. Pengunjung dapat tiduran santai diatasnya sambil membaca buku-buku yang tersedia di area tersebut.
Untuk melengkapi objek wisata yang mulai digandrungi masyarakat lokal tersebut, pengelola menambahkan ban-ban bekas yang dicat cerah yang disusun sedemikian rupa. Ada yang disusun di tanah adapula yang digantung. Sebagai pelengkap selfie pengelola juga menyediakan sepeda ontel milik Ontel Pustaka, topi, tenda dan masih banyak lagi.

Kampung pelangi sendiri digagas oleh tiga orang pemuda yakni M. Aldyas Pratama, Elis Solehah dan Gunawan Wirdan. Mereka menuturkan ide Kampung Pelangi sendiri sebenarnya adalah jawaban dari banyaknya pertanyaan warga Kecamatan Palas yang selama ini tidak memiliki objek wisata yang kekinian di daerahnya.

“Kita melihat situasi di Palas, kita lihat selama ini Palas haus akan objek wisata, kalo mau wisata harus ke kota Kalianda itu juga cuma pantai, jadi kami sediakan fasilitas ini hanya untuk selfie-selfie.” ungkap M. Aldyas kepada Kaliandanews, (15/07/17).

Tak hanya objek wisata dan ajang selfi, ketiga pemuda tersebut rupanya juga punya tujuan agar pengunjung yang datang ketempat tersebut, tidak hanya sekedar berwisata tapi juga menambah pengetahuan dengan menyediakan buku-buku untuk dibaca.
“Memang kita sediakan beberapa buku ditempat ini, jadi selain berwisata juga bisa menambah pengetahuan. Kita juga bekerjasama dengan ontel pustaka dan motor pustaka milik mas Sugeng.” Terang dia.

Setelah kampung pelangi ramai pengunjung, ketiganya juga melibatkan warga dan remaja desa untuk bekerja dan menambah fasilitas yang ada di objek wisata tersebut agar lebih menarik dan tidak monoton. “Pemuda Desa Palas Pasemah yang gak ada kegiatan alhamdulillah bisa ikut kesibukan di kampung pelangi. Sehari bisa 100 kendaraan bermotor, kalo hari minggu mencapai 300 kendaraan bermotor, tarifnya 5 ribu rupiah, sedangkan mobil 20 ribu rupiah.” Kata pria yang sering disapa Tama itu.

Kampung pelangi sendiri berdiri sejak 18 juni 2017 lalu, namun saat ini kampung pelangi sudah menjadi tempat wisata yang hits di Lampung Selatan. Ditanya ide tercetusnya nama “Kampung Pelangi” ia mengatakan ide tersebut terinspirasi dari banyaknya warna di lokasi objek wisata itu. “karena objek wisata ini adanya dikampung dan kita lihat pelangi itu indah dengan warnanya, jadi kita beri nama kampung pelangi.” Tutupnya.

Mau tahu keindahaan wisata kampung pelangi, berikut foto-foto yang kaliandanews.com kumpulkan dari Instagram kampung_pelangi:

wisata kampung pelangi palas lampung selatan
kampung_pelangi#Repost: @farida_khusnul (@get_repost)

wisata kampung pelangi palas lampung selatan
kampung_pelangi#Repost @dellaagustianii (@get_repost)
wisata kampung pelangi palas lampung selatan
kampung_pelangi#Repost @kalianda.ig (@get_repost)
wisata kampung pelangi palas lampung selatan
kampung_pelangi#Repost @kharismaa.y (@get_repost)
wisata kampung pelangi palas lampung selatan
kampung_pelangi#Repost @agusprasetyo20 (@get_repost)
wisata kampung pelangi palas lampung selatan
kampung_pelangi Ketika alam bersatu.. @kampung_pelangi
wisata kampung pelangi palas lampung selatan
@kampung_pelangi
kampung_pelangi#Repost @el_solehah (@get_repost)
wisata kampung pelangi palas lampung selatan
kampung_pelangi#Repost @meysitayola (@get_repost)
Bagimana? sangat Instagramable bukan? buruan kunjungi biar kayak orang-orang :).

(kur/red)