Ternyata Kopi Tanpa Kafein Bisa Merusak Ozon
-->
Kategori Berita
POLLING PILKADA LAMPUNG SELATAN 2020
NANANG ERMANTO
HIPNI
TONY EKA CHANDRA
BELUM ADA PILIH

Header Menu

Jumat, 21 Juli 2017

Ternyata Kopi Tanpa Kafein Bisa Merusak Ozon

Dengan dalih agar sehat meski banyak minum kopi, banyak orang memilih kopi tanpa kafein. Padahal kopi jenis ini berbahaya untuk bumi. 

Kopi tanpa kafein merusak ozon
Foto: ilustrasi
Tidak banyak orang tahu bahwa kopi tanpa kafein sebenarnya sangat buruk bagi lingkungan. Kopi tanpa kafein ternyata bisa merusak lapisan ozon. Menurut salah satu studi, diklorometana yang merupakan gas 'ramah ozon', yang ditemukan pada AC dan lemari es dapat menunda pemulihan ozon, lapor metro.uk (18/7) seperti dilansir detikfood.

Diklorometana yang juga digunakan sebagai pelarut industri dan cat thinner dapat melepaskan klorin. Diklorometana hanya dapat hidup selama 5 bulan sebelum rusak dan mulai melepaskan klorin yang dapat menghancurkan ozon jika mencapai lapisan atmosfer. Jumlah klorin yang dilepaskan akan meningkat pada tahun 2050, yang dapat menghambat penyembuhan lubang di lapisan ozon. 

Jadi apa sebenarnya hubungannya dengan kopi tanpa kafein? Proses pembuatan kopi tanpa kafein dan teh sebenarnnya mengandung diklorometana. Bisa dikatakan ada cat thinner pada kopi tanpa kafein. 

Diklorometana yang dapat merusak lapisan ozon tentu saja harus dihindari. Selain menyelamatkan perut Anda, bisa juga menyelamatkan lingkungan. Mulailah minum kopi biasa yang diproses dengan air. (Red)