Ranperda APBD-P 2017 Lamsel Disahkan, Fraksi beri Apresiasi
-->
Kategori Berita

Header Menu

Senin, 21 Agustus 2017

Ranperda APBD-P 2017 Lamsel Disahkan, Fraksi beri Apresiasi

Kalianda, Kaliandanews – DPRD Lampung Selatan gelar rapat paripurna agenda penyampaian Raperda tentang perubahan APBD TA 2017. Agenda itu berlangsung di gedung DPRD setempat, Senin 21 Agustus 2017.
Foto: Rapat Paripurna DPRD lampung Selatan
Paripurna dihadiri juga Wakil Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto, Sekdakab, Ir. Fredy beserta jajaran Pemkab, Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah setempat, IKADA, Dharma Wanita dan TP PKK dan para tokoh masyarakat, adat, agama dan pemuda Kabupaten setempat.

Agenda yang di pimpin langsung Ketua DPRD Hendri Rosyadi, Wakil Bupati Nanang Ermanto menyampaikan Raperda APBD Perubahan secara garis besar menyiratkan keadaan terkini keuangan Daerah.

Pemerintah Kabupaten Lamsel, memiliki 3 fungsi pokok, perlindungan, pemberdayaan masyarakat, secara operasional dibutuhkan mekanismenya. Kemudian, disampaikan pula tentang sisa lebih perhitungan TA 2016 yang ditargetkan 70,39 millar, mengalami peningkatan 69,62 millar, total Rp140 Millar.

Dalam Raperda Perubahan TA 2017 ini, dijelaskan Nanang Ermanto, tercatat total pendapatan Rp2 triliun, meningkat 73,2 millar. Secara rinci anggaran belanja Rp 2,111 triliun, bertambah 133,88 millar dibanding sebelum perubahan.

Dengan catatan belanja tidak langsung sebesar Rp27,53 millar dan belanja langsung bertambah Rp106,34 millar. Adapun penambahan pada belanja tidak langsung, dianggarkan untuk pembayaran tunjangan dan tambahan penghasilan guru serta tambahan bantuan keuangan kepada Pemeritah Desa, yang bersumber dari Silva 2016.

Sedangkan kebijakan tambahan kegiatan belanja langsung dialokasikan untuk kegiatan yang berkaitan langsung dengan masyarakat, antara lain, bidang kesehatan dengan pengadaan alat kesehatan radiologi serta alat penunjang medis lain. Penambahan kendaraan operasional dalam mendukung program pelayanan kependudukan serta Pembangunan infrastruktur jalan dan irigasi.

Terkait hal pendangan umum Fraksi-Fraksi, Patut di apresiasi. Kedepan masukan-masukan yang ada, akan di pelajari dan evaluasi sebagai bentuk koreksi bersama, dalam membangun Kabupaten Lampung Selatan demi kepentingan Rakyatnya.

Diketahui, dalam paripurna tersebut terkutip pandangan fraksi-fraksi diantaranya, Fraksi PKB dan Hanura Joko Purnomo menyampaikan apresiasinya atas laporan keuangan yang transparan terhadap publik. Tentu juga dianggap perlu adanya kontrol dan memaksimalkan kantor pelayanan terpadu satu pintu yang belum mencapai target didalamnya.

Fraksi PDI Perjuangan Ahmad Johani menyampaikan, masih ada Pendapatan Asli Daerah (PAD) terutama Retribusi Daerah yang belum mencapai target, dapat mencarikan solusi agar efisien untuk pelayanan prima bagi masyarakat Lampung Selatan.

Fraksi Nasdem Suparman “Fraksi Nasdem berharap agar meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) seperti pendidikan dan kesehatan, kemanusiaan juga perlu menjadi perhatian bersama” Pungkasnya.

Fraksi Demokrat Jenggis Khan Haikal “Fraksi Demokrat berterimakasih kepada Bupati Lamsel tentang Perubahan APBD Tahun Anggaran 2017 ini. Selanjutnya frakasi Demokrat sependapat dengan Bupati Lamsel tentang anggaran ini yang di realisasikan ke pembangunan jalan terutama di daerah Kalianda, serta Demokrat Apresiasi terhadap pembangunan jalan di Desa”, Ucapnya.

Fraksi PKS Muhammad Akias, “Fraksi PKS menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi terhadap kinerja Bupati Lamsel dengan terlebih dahulu membangun SDM Masyarakat Lamsel terutama dibidang Agama dengan berbagai kegiatan yang dilakukannya,”.

Fraksi Gerindra Sugi “Fraksi Gerindra berharap agar dapat meningkatkan dinamika dan efesiensi dalam penyelenggaraan Pemerintahan dan Pembangunan di kabupaten Lamsel, dengan menggali sumber sebanyak-banyaknya,”.

Fraksi Golkar Sidik, “Fraksi Golkar menyampaikan keberhasilan otonomi daerah dapat dilihat dari kesesuaian Pemerintah Pusat dan Daerah yang di lakukan dengan baik, transparan, akuntabel, dan tepat sasaran. Dan perlunya penataan pasar Inpres agar tercipta kenyamanan dan memperbaiki infrastruktur dalam memperbaiki wajah Lampung Selatan,”.

Fraksi PAN, Yuli Gunawan, “berharap dapat memberikan kepuasan publik dan Masyarakat untuk itu Fraksi PAN memandang khusus infrastruktur jalan Kabupaten dan pembangunan gedung pendidikan dan kesehatan yang akan meningkatkan Lampung Selatan dengan mengambil langkah-langkah yang tepat dalam realisasinya,”. (RED)