Generasi Pesona Indonesia Pilih Pulau Mengkudu Sebagai Lokasi Aksi Peduli Wisata
-->
Kategori Berita

Header Menu

Minggu, 10 September 2017

Generasi Pesona Indonesia Pilih Pulau Mengkudu Sebagai Lokasi Aksi Peduli Wisata

PULAU MENGKUDU - KALIANDANEWS, MINGGU 10 SEPTEMBER 2017

Berbicara Destinasi Wisata yang terdapat di Lampung Selatan, nampaknya saat ini sosok Pulau Mengkudu sudah tak asing lagi di telinga masyarakat Lampung dan Lampung Selatan khususnya. Pulau mungil tak berpenghuni yang terletak di Desa Batu Balak, Kecamatan Rajabasa Lampung Selatan tersebut, menjadi destinasi berkepanjangan yang turut serta menunjang kemajuan pariwisata di Lampung Selatan.
Foto Bersama Seluruh Peserta Aksi Peduli Wisata (KN)
Bagaimana tidak, pesona pulau Mengkudu kian hari semakin ditumbuhi keindahan dan kemajuan dalam proses pengelolaannya. Mulai dari fasilitas umum, transportasi, pelayanan serta fasilitas alat penyelaman untuk Snorkeling, sudah tersedia di pulau yang juga memiliki objek wisata pasir timbul tersebut.

Berdasarkan alasan itulah, Generasi Pesona Indonesia (GENPI) Lampung Selatan, nampaknya tak ingin berleha-leha untuk menggerakan potensi wisata yang ada, demi menunjang kemajuan pariwisata yang ada di Bumi Ragom Mufakat ini. Sebagai langkah awal mewujudkan itu, GENPI Lampung Selatan dan GENPI Lampung, berkolaborasi menggelar kegiatan aksi peduli wisata yang di ikuti dari berbagai element masyarakat di Lampung Selatan.

Dalam suasana kekeluargaan, Kegiatan yang di gagas oleh Ketua GENPI Lampung Selatan Yodistara tersebut, diwarnai dengan diskusi pariwisata bersama Ketua GENPI Lampung Yopie Pangkey, Kadis Perikanan dan Kelautan Dwi Jatmiko, Kasat Polairud Polres Lampung Selatan Yaya S, Pramuka Gugus Depan SMPN 1 Kalianda, sesi tanya jawab, rekruitment anggota baru GENPI Lampung Selatan, serta disi dengan kegiatan bersih pungut sampah di area pulau Mengkudu.

Yopie selaku Ketua Umum GENPI Lampung mengatakan, GENPI merupakan komunitas mandiri atau swadaya yang langsung dinaungi oleh Kementrian Pariwisata, yang dimana organisasi itu bergerak di bidang kepariwisataan, kebudayaan dan potensi alam yang ada di Indonesia. Ia juga mengatakan, GENPI mempunyai visi untuk mengubah berita negatif yang tersebar di media sosial, dengan cara menaikan popularitas berita tentang pariwisata yang ada di Indonesia.

“GENPI ini adalah komunitas piknik dari semua kalangan sukarelawan yang mengangkat wisata di berbagai daerah, dan bergerak di media sosial. GENPI juga saling membantu wisata yang ada di Indonesia dengan cara mengupload di media sosial, untuk kita olah menjadi trending topik. Sehingga kita bisa menutup berita HOAX dengan berita Positif tentang Pariwisata untuk menutupi itu” Jelas Yopie.

Sementara itu Ketua GENPI Lampung Selatan Yodistara yang juga sebagai penggagas acara tersebut mengatakan, dipilihnya pulau mengkudu sebagai lokasi aksi peduli wisata adalah, tak lain untuk mempromosikan kondisi Pulau Mengkudu, yang saat ini dinilai sudah sangat jauh berbeda dengan kondisi sebelumnya.

“Selain mempromosikan pulau Mengkudu, acara inti kita disini adalah untuk saling berbagi dan berdiskusi tentang bagaimana cara yang tepat untuk mengangkat dunia pariwista di Lampung Selatan, agar bisa dilirik oleh dunia luas. Sehingga nantinya bisa memberikan dampak yang positif bagi masyarakat sekitar maupun pemerintah daerah” Papar Yodis.
Foto: Diskusi Aksi PEduli Wisata (KN)
Ia juga menambahkan, kedepan GENPI Lampung Selatan akan mengadakan event-event khusus, agar menumbuhkan rasa ketertarikan bagi wisatawan dari luar daerah. Dimana nantinya, melalui event tersebut, GENPI bisa mengenalkan Destinasi pariwisata Lampung Selatan ke ranah nasional maupun internasional.

“Acara aksi peduli wisata ini merupakan langkah awal kita. Aksi ini sebagai perangsang bagi masyarakat maupun para pegiat wisata, agar lebih peduli terhadap dunia pariwisata Lampung Selatan. Kedepan kita akan susun konsep untuk mengadakan even-event tentang pariwisata” Pungkas Yodistira.

Dilain pihak, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Dwi Jatmiko yang juga sebagai pemateri kegiatan tersebut menyampaikan apresiasinya, untuk pelaksanaan kegiatan ini. Ia mengaku, potensi wisata yang ada di Lampung Selatan ini tak kalah dengan daerah lainnya. Untuk itu ia berharap GENPI mampu mengexplore wisata yang ada di Lampung Selatan.
Foto: Kadis Perikanan dan Kelautan Lampung Selatan (KN)
“Dengan acara seperti ini kita akan meningkatkan kembali wisata bahari kita. Kelemahan kita saat ini, kita kurang bisa memeliharanya, karena kedepan potensi ini akan kita wariskan dengan anak cucu kita. Jadi jangan sampai kita tidak bisa menjaga apalagi sampai merusak sumber daya yang sudah kita miliki” Tegas Dwi Jatmiko.

Pantauan Kaliandanews dilokasi, usai melaksanakan beberapa sesi kegiatan, seluruh peserta berbondong bondong melakukan aksi bersih pungut sampah. Tampak para peserta begitu antusias dan bersemangat dalam mengikuti kegiatan tersebut.

Penulis: Yunizar Adha