Satelit Telkom 1 Hancur Berkah Bagi Teknisi Parabola di Kalianda
KANAL
Cari Berita

Satelit Telkom 1 Hancur Berkah Bagi Teknisi Parabola di Kalianda

Selasa, 19 September 2017

Antena parabola (doc. Iwan)
Kalianda, Kaliandanews.com - Terkait dengan "Hancurnya" Satelit Telkom 1 di orbit 108° bujur timur yang mengakibatkan offlinenya ribuan ATM dari berbagai bank, ternyata mendatangkan berkah tersendiri bagi para teknisi parabola di Kalianda. Hal ini dikarenakan terdapat beberapa channel nasional di parabola yang ikut hilang akibat kerusakan satelit tersebut.

Dari data yang berhasil dihimpun, tercatat ada  puluhan channel yang hilang, empat diantaranya adalah channel nasional yakni ANTV, Trans7, TransTV serta NetTV.

Iwan Sesparabola yang merupakan salah satu teknisi parabola di Kota Kalianda, mengungkapkan keempat stasiun tv tersebut saat ini sudah bermigrasi ke satelit Telkom 3s yang berada di orbit 118° bujur timur. Dengan demikian menurut Iwan, bagi pengguna parabola diwajibkan menggeser parabolanya yang semula di Satelit Telkom 1 digeser ke satelit Telkom 3s.

"Tentu tidak semua orang bisa melakukannya, karena ada perhitungan derajat sendiri, karena antena parabola tidak sama dengan antena UHF biasa, tinggal puter lalu scan, beres" jelas Iwan kepada Kaliandanews.com, Selasa (19/9).

Iwan pun bercerita bahwa sejak Satelit Telkom 1 hancur, dirinya bersama rekan-rekan teknisi lainnya kebanjiran order tracking (Mencari signal_red) satelit Telkom 3s.

"Ya Alhamdulillah, biasanya belum tentu satu minggu sekali ada order, tapi sejak Telkom 1 rusak, dalam sehari bisa lebih dari tiga pelanggan yang menghubungi" Ungkap Iwan dengan sumringah.

Namun meski demikian, menurut Iwan hal ini tidak berlaku bagi TV berbayar atau freesat seperti Ninmedia, karena provider tersebut menggunakan satelit yang berbeda. Meski katanya lagi, diawal-awal kerusakan satelit Telkom  1 channel tersebut sempat hilang juga.

"Ini khusus untuk Telkom 1 yang lain aman, kalau dirumahnya menggunakan parabola jaring dan hilang 4 channel tersebut bisa kontak saya di 082306595461 atau via Whatsapp, kita siap bantu" Pungkas Iwan sambil berpromosi.


BERITA LAINNYA