Dinas Pendidikan Lamsel Usulkan Beli 1 Unit Laptop Seharga 27 Juta, Anggota Dewan Heran
Kategori Berita
POLLING PILKADA LAMPUNG SELATAN 2020
NANANG ERMANTO
HIPNI
TONY EKA CHANDRA
BELUM ADA PILIH

Header Menu

Rabu, 29 November 2017

Dinas Pendidikan Lamsel Usulkan Beli 1 Unit Laptop Seharga 27 Juta, Anggota Dewan Heran

Suasana rapat perumusan anggaran 2018 | foto: KN

Kalianda, Kaliandanews - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Lampung Selatan, menggelar rapat perumusan anggaran 2018 di Grand Elty Krakatoa Kalianda, (29/11/17), malam.

Dalam pembahasan tersebut, Dinas Pendidikan Lamsel mendapat sorotan dari anggota DPRD lantaran usulannya yang dinilai tidak masuk diakal. Anggota DPRD menyoroti usulan Disdik untuk pengadaan satu unit laptop senilai 27 juta dan pembuatan sumur bor yang nilainya lebih dari 100 juta rupiah.

"Program pengadaan satu unit laptop nilai 27 rupiah, ini mereknya apa pak?," Ungkap Jenggis Khan salah seorang anggota dewan dari partai Demokrat.

Sementara, terkait sumur bor protes dilontarkan oleh Hamdani, ia menilai angka sebesar 100 juta lebih tersebut seharusnya bisa membuat lima sumur bor sekaligus.

"Kalo dianggarkan 100 juta ini saya kira bisa dapat 5. Saya kira kalo penyusunan anggaran ini bisa realistis. Terlalu tinggi kalo menurut saya 1 sumur bor 100 juta ini," ungkap Hamdani.

Menanggapi pertanyaan Jenggiskhan dan Hamdani, Anas Ansori beralasan pembelian satu unit laptop senilai 27 juta merupakan hasil kesepakatan ia dan staffnya lantaran komputer yang sering digunakan sering hang (ngadat).

"Untuk laptop pak, keluhan di aset kita komputernya sering hang, staff saya pinta kira-kira komputer mana yang bisa memuat data supaya tidak hang, mereka survey, ada harga 27 juta ada, 22 juta ada. Kita mau yang terbaik buat dinas, tapi kalo memang tidak disetujui oleh dewan kita juga bisa beli yang dua juta lima ratus. Kalo terkait sumur bor, saya minta staff saya konsultasi ke dinas PU, sumur bor harus ada tower, harus dialirkan juga menggunakan pipa," terang Anas.

Dari hasil penelusuran kaliandanews.com, spesifikasi laptop seharga 27 juta yang dimaksud pihak Dinas Pendidikan Lampung Selatan, mengarah kepada laptop Dell ALIENWARE M17X-R5-4700MQ Anodized Aluminum.

Dipersenjatai oleh prosesor Intel Core i7 4700MQ-2.4Ghz Turbo 3.4Ghz yang tentunya dengan prosesor ini spek game terberat pun bisa dimainkan dengan nyaman di laptop ini. Untuk RAM Alienware memberikan ukuran 8GB yang akan membuat kinerja laptop ini minim lag.

Untuk media penyimpanan, Alienware memiliki  HDD 64GB SSD ditambah HDD 750GB dengan dilengkapi VGA nVidia GTX770M-3GB, yang tentunya akan membuat pengalaman gaming menjadi lebih menyenangkan.

Secara umum laptop ini memang dirancang agar pengalaman bermain game menjadi lebih sempurna. (Kur)