Naiki Dump Truk, Jokowi Resmikan Jalan Tol Bakauheni
-->
Kategori Berita

Header Menu

Minggu, 21 Januari 2018

Naiki Dump Truk, Jokowi Resmikan Jalan Tol Bakauheni

Foto: Istimewa
Kaliandanews - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Lampung Selatan dalam rangka peresmian ruas Tol Segmen Pelabuhan Bakauheni-Simpang Susun Bakauheni.

Dalam peresmian tersebut Jokowi sempat mengecek langsung kondisi jalan tol menggunakan truk.

Dikatakan Jokowi, jalan tol ini merupakan proyek strategis pemerintah yang dikebut pembangunannya.

"Yang paling penting jalan tol. Ini merupakan salah satu proyek strategis nasional bagian dari jalan tol Trans Sumatera," tutur Jokowi dalam acara peresmian di Bakauheni, Lampung, Minggu (21/1/2018) dikutip dari detikcom.

Dalam kesempatan ini, Jokowi juga didampingi oleh Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo, Gubernur Lampung Ridho Ficardo, serta Kepala BPJT Herry TZ.

Berdasarkan pantauan di lokasi, Jokowi tampak duduk di samping supir truk. Truk yang ditumpangi pun berwarna putih senada dengan warna helm dan kemeja yang dikenakan Jokowi.

Sebelum menumpangi truk, Jokowi tampak melihat langsung kesiapan fasilitas pembayaran di gerbang tol tersebut. Hasilnya, seluruh pintu di gerbang tol tersebut sudah menerapkan pembayaran non tunai.

Sedikitnya ada 3 truk yang disediakan untuk menjajal langsung tol. Ketiga truk tersebut digunakan Jokowi beserta rombongan menuju Simpang Susun Bakauheni sekitar 8,9 kilometer (km).

Truk yang dinaiki Jokowi adalah jenis truk pengangkut pasir (dump truk) yang biasa ada di proyek infrastruktur. Terlihat ada stiker logo PTPP di truk tersebut.

Foto: Istimewa
Selain itu, Jokowi juga memastikan bahwa tarif tol tersebut untuk sementara digratiskan, alias pengguna tol tidak akan dikenakan biaya sepeserpun.

Mulanya, Jokowi menanyakan terlebih dahulu apakah pihak pengelola tol berani menggratiskan tarif untuk sementara. Selaku pengelola adalah Hutama Karya. Direktur Utama Hutama Karya, I Gusti Ngurah Putra sendiri hadir mendampingi Jokowi.

"Tanya pemilik aja lah (pengelola tol). Kalau berani gratisin dulu silahkan, baik lah untuk masyarakat untuk coba enaknya tol itu kayak apa. Sopir juga bisa rasakan kecepatan di tol seperti apa. Nanti pemilik yang putuskan," kata Jokowi.

Tak lama berselang, Jokowi diinformasikan bahwa Hutama Karya siap menggratiskan tol tersebut yang baru saja diresmikan. Pemberlakuan tol secara gratis berlaku hingga Tol Bakauheni-Terbanggi Besar tersambung seutuhnya. Ditargetkan tersambung pada Juni.

"Pemiliknya udah bisik-bisik dibebaskan sampai nyambung, biar bisa dipakai dulu lah untuk ujicoba," tambahnya.

Tol Trans-Sumatera Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar secara keseluruhan ditargetkan beroperasi pada Juli 2018. Total panjangnya mencapai 140,9 Km. Proyek ini menelan biaya investasi sebesar Rp 16,8 triliun dan

Saat ini progres pengerjaan tanah mencapai 95%, sementara progres fisik menyentuh angka 65,65%.
(Red)