Komisi C DPRD Lamsel Apresiasi Desa Karanganyar dan Krawangsari
-->
Kategori Berita

Label

Iklan

Header Menu

Selasa, 13 Februari 2018

Komisi C DPRD Lamsel Apresiasi Desa Karanganyar dan Krawangsari


KALIANDANEWS, NATAR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan (Lamsel), berpacu dengan waktu, untuk memaksimalkan bidang infrastruktur terus berjalan. Sesuai dengan visi dan misi Bupati, guna melakukan pembangunan secara merata hingga ke pelosok Desa.

Hal ini, tentunya menjadi tugas bagi Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lamsel, sebagai mitra eksekutif yang berkaitan dengan sektor pembangunan infrastruktur, untuk melakukan pengawasan. Salah satunya melalui kegiatan Kunjungan Kerja (Kunker).

Dalam Kunker di Desa Karanganyar Blok 1A, Kecamatan Jatiagung dan Desa Krawangsari, Kecamatan Natar, Selasa (13/02/18), Komisi C DPRD Lampung Selatan menyampaikan apresiasinya. Kualitas pembangunan infrastruktur di dua Kecamatan itu dinilai cukup baik, dan dikatakan dapat menjadi percontohan bagi wilayah lainnya.

“Memang, untuk secara umum, penilaian yang kami berikan, baru sebagian saja dari yang sudah dilihat. Masih ada beberapa catatan yang perlu diperhatikan. Terutama dari sisi administrasi. Memang karena sepele, jadi kadang-kadang selalu tidak diperhatikan, yakni mengenai pemasangan papan nama proyek. Sering terpantau jika papan nama itu gak ada,” terang Ketua Komisi C DPRD Lampung Selatan, Sunyata.

“Biasa dijumpai, ketika Komisi C baru datang ke lokasi pengerjaan, papan nama proyek itu juga baru dipasang. Jadi seolah-olah itu dadakan,” tambah Sunyata.

Tidak hanya sebatas memberikan apresiasi, Komisi C juga mengimbau agar pelaksana proyek terlebih dahulu menyediakan rancangan campuran rencana (Job Mix Formula), sebelum proses pengerjaan, untuk tender yang akan dilaksanakan ditahun anggaran 2018.

“Untuk memperoleh hasil pengerjaan yang maksimal, Job Mix Formula itu kemudian dirapatkan bersama oleh UPT Dinas PU, Konsultan dan rekanan. Kesepakatan dari rapat itu nantinya akan menghasilkan Job Mix Design, yang mencakup, kadar ketebalan aspal, lintasan TR dan lain-lain, baru setelah itu, dilakukan pengerjaan,” jelas Anggota Komisi C DPRD Lampung Selatan, Sukardi.

“Jadi, pada saat Komisi C turun langsung ke lapangan, pelaksana proyek dapat menyiapkan Job Mix, yang nanti digunakan sebagai acuan dalam pengawasan yang kami lakukan,” imbuh politisi Partai Amanat Nasional ini.

Meski sudah mendapat respon positif dari para legislator, kualitas pengerjaan pembangunan infrastruktur di Kecamatan Jatiagung dan Natar, diharapkan terus mengalami peningkatan. Sejumlah pihak yang menjadi penentu keberhasilan pembangunan, diminta untuk selalu bersinergi dengan baik.

“Terlepas itu jalan lingkungan atau bahkan Kabupaten, diharapkan agar pengerjaannya sesuai dengan harapan masyarakat. Sesuai dengan instruksi Bupati yang memprioritaskan anggaran Pemerintah Kabupaten di bidang infrastruktur, agar terlaksana dan hasilnya memuaskan,” tutur salah satu anggota DPRD Lampung Selatan, Daerah Pemilihan (Dapil) Jatiagung, Nur Hafifah, yang turut mengawal proses Kunker Komisi C diwilayah setempat. (nz/SG)