Zainudin: Jika Dishut Tak Turun, Bersama Warga Kita Ke Gunung Rajabasa
-->
Kategori Berita

Header Menu

Jumat, 06 April 2018

Zainudin: Jika Dishut Tak Turun, Bersama Warga Kita Ke Gunung Rajabasa


KALIANDA, KALIANDANEWS - Pasca terjadinya musibah Banjir Bandang yang menerpa wilayah kecamatan kalianda pada (93/04/18) lalu, Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan mengkritisi secara tegas Dinas Kehutanan Provinsi Lampung untuk cepat tanggap atas kejadian tersebut.

Menurutnya, saat ini kewenangan wilayah hutan Gunung Rajabasa diambil alih oleh Dinas Kehutanan Provinsi, yang sebelumnya merupakan kewenangan Kabupaten Lampung Selatan. Maka dari itu, Zainudin meminta Dishut Provinsi datang dan bersama-sama meninjau Gunung Rajabasa, untuk mengevaluasi keadaan hutan di Gunung tersebut.

"Hutan dulu di kabupaten sekarang di ambil provinsi, saya minta ini Dishut provinsi mbok turun mestinya, datang ke kita sama-sama naek ke gunung rajabasa. Kalau saja kabupaten yang tanggung jawab, tentu saya sudah bergerak kesana," Tegas Bupati Kelahiran Desa Pisang Lamsel ini.

Lebih jauh Zainudin menuturkan, apabila Dishut Provinai tak jua, merespon atas kejadian tersebut, dengan tegas ia mengatakan, bersama masyarakat Pemerintah Kabupaten Lamsel yang akan  menjadi relawan ke Gubung Rajabasa untuk menanam bibit Pohon.

"Tpi kalau povinsi tidak turun, maka saya akan cari bibit pohon damar, pohon durian. Nanti akan saya buka pengumuman diseluruh desa yang mau jadi relawan kumpul bersama-sama. Dalam wktu secepatnya kita akan naik untuk menanamnya, nanti bisa di tandai siapa yang nanam, kalau sudah besar pohonnya jgn di tebang getahnya saja yg di ambil," Jelas Zainudin disela-sela saat memberikan bantuan korban banjir di 8 titik, Kamis (5/04/18) Sore.

Atas dasar tersebut, Zainudin mengkritisi dan menegur Dinas Kehutanan Provinsi termasuk Kementrian Kehutanan, bahwa saat ini Gunung Rajabasa sudah dalam keadaan "KRITIS", begitu debit air tinggi, pohon-pohon tak bisa menampungnya lagi, alhasil masyarakat yang menjadi korban.

"Jadi saya mau negor ini, DISHUT termasuk Kementrian Kehutanan, bahwa saat ini GUNUNG RAJABASA sudah dalam keadaan KRITIS, begitu air hujan besar datang,  maka pohon-pohon akarnya tidak bisa menahan laju air, dan  langsung akibatnya masyarakat yang terkena musibah," Pungkas Zainudin.

Penulis: Yunizar Adha