Hardiknas, Nanang Launching Germas Baku
-->
Kategori Berita

Label

Iklan

Header Menu

Rabu, 02 Mei 2018

Hardiknas, Nanang Launching Germas Baku

Wakil bupati Lamsel, Nanang Ermanto
KALIANDA, Kaliandanews .– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan menggelar upacara memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), yang dirangkai dengan launching Gerakan Nasional Orang Tua Membaca Buku (Gernas Baku) dan peringatan Hari Otonomi Daerah ke-XXII tahun 2018.

Upacara yang dipusatkan di Lapangan Kopri, Pemkab Lampung Selatan, Rabu (2/5), dipimpin Wakil Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto dan dihadiri Fokorpimda, Sekretaris Daerah beserta Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemkab Lampung Selatan.

Peserta upacara diikuti jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN), ratusan pelajar mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA, serta mahasiswa, hingga Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Lampung Selatan.

Wakil Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto mengatakan, tanggal 2 Mei merupakan hari yang penting bagi dunia pendidikan. Didalam peringatan itu, katanya, penuh dengan makna, inspirasi, dan motivasi dalam memajukan peradaban nasional melalui pengembangan SDM.

“Di dalam pengembangan sumber daya manusia, pendidikan, terlebih pendidikan tinggi, memegang peranan kunci. Peranan pendidikan tinggi sebagai terminal akhir dalam jenjang pendidikan formal disemua tingkatan amatlah strategis dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia,” kata Nanang saat menyampaikan sambutan Bupati Lampung Selatan.

Nanang melanjutkan, di dalam pendidikan  tinggi terdapat keharusan melakukan riset untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi demi kesejahteraan masyarakat. Sebab katanya, banyak negara-negara maju di dunia berupaya keras dalam memajukan pendidikan tingginya, baik dalam lingkup riset, teknologi, dan inovasi.

“Bagi mereka, keberadaan riset amat penting dalam menyokong kesejahteraan masyarakatnya. Riset yang bermuara pada inovasi menjadi daya ungkit perekonomian bangsa. Permasalahannya, perguruan tinggi yang seharusnya menjadi kawah candradimuka penelitian justru belum begitu tampak hasilnya,” katanya.

Dirinya berharap, masyarakat tidak memandang pendidikan tinggi hanya dilihat sebagai sebuah jenjang untuk melanjutkan studi setelah menuntaskan bangku sekolah menengah. “Tetapi, hal ini menjadi tantangan yang harus kita hadapi bersama saat ini, dimana pendidikan tinggi belum menjadi sebuah agenda publik masyarakat,” kata Nanang menambahkan.

Selanjutnya, didampingi Fokorpimda, Sekretaris Daerah Lampung Selatan, serta Kepala Dinas Pendidikan Lampung Selatan, Nanang Ermanto melakukan lauching Gerakan Nasional Orang Tua Membaca Buku (Gernas Baku) yang ditandai dengan pemukulan gong.

Melalui gerakan membaca buku tersebut, Nanang berharap para orang tua dapat lebih sering meluangkan waktunya untuk membacakan buku bagi anak-anaknya. Sebab katanya, gerakan itu dapat mempererat hubungan sosial-emosional antara anak dan orang tua.


“Ini adalah gerakan untuk mendukung inisiatif dan peran keluarga dalam meningkatkan minat baca anak sejak usia dini melalui pembiasaan dirumah, di satuan PAUD dan di masyarakat,”kata mantan anggota DPRD Lampung Selatan dua periode ini. (Kur)