Kapolda Lampung: Narkotika Masuk dari Aceh, Bakauheni Benteng Terakhir
Kategori Berita

Iklan Halaman Depan

Header Menu

Jumat, 11 Mei 2018

Kapolda Lampung: Narkotika Masuk dari Aceh, Bakauheni Benteng Terakhir

Foto: Kapolda Lampung Suntana di dampingi Kapolres Lamsel M. Syarhan, Bupati Lamsel Zainudin Hasan, Kajari Kalianda Sri Indarti dan Anggota DPRD Lampung Agus Bhakti Nugroho
BAKAUHENI, KALIANDANEWS - Kapolda Lampung Irjen Pol Suntana menilai pelaku peredaran Narkotika saat ini, terus melakukan berbagai cara dalam menyelundupkan dan melakukan bisnis jual beli Narkotika, mengingat keuntungan yang sangat menggiurkan.

Menurut Suntana, para pelaku tersebut tak kehabisan akal mencari celah agar barang haram tersebut bisa masuk ke Indonesia. Hal itu di ungkapkannya saat diwawancarai kaliandanews, usai melakukan peresmian Pos Terpadu Seaport Interdiction (tempat pemeriksaan narkoba), Bakauheni Jumat (11/05/18). 

Setelah melakukan penyelidikan dari beberapa kasus, ternyata Narkotika tersebut bisa langsung masuk melalui Aceh yang di kirim dari negara Myanmar, Malaysia dan Negara Asia lainnya. "Jadi modus operandi peredaran Narkoba saat ini, dari myanmar bisa langsung ke aceh, kemudian dari aceh langsung ke Lampung, yang dimana kita sebagai batas akhir disini sebelum dikirim ke Pulau Jawa," Terang Suntana.

Oleh karena itu, pihaknya kini lebih meningkatkan pengamanan khusus terutama di Pelabuhan Bakauheni, dengan memasangkan alat-alat terbaru seperti CCTV yang bisa langsung mendeteksi Plat Mobil serta wajah pengemudinya. Mengingat Bakauheni merupakan Benteng terakhir sebelum narkoba masuk ke Pulau Jawa.

"CCTV itu langsung akan menyorot ke Plat Mobil dan Wajah pengemudinya. Sehingga apabila mobil tersebut bermasalah, dan pengemudi merupakan pelaku yang menjadi target, akan langsung terdeteksi. Sebab, bakauheni ini merupakan titik terakhir pemeriksaan, sebelum Narkotika di kirim ke Pulau Jawa. Maka dari itu, kita tingkatkan terus pengamanan disini," Pungkas Suntana.

Lebih dalam Suntana mengatakan dengan segala kesiapan yang sudah disiapkan, ia berharap Lampung bisa menangkal Narkoba yang muncul dari Wilayah Sumatera ke Wilayah Jawa. "Ini sudah kita siaokan dan akan kita tingkatkan. Kita ingin Lampung lebih bisa menangkal masuknya barang-barang itu, daei sumatera ke jawa. Mudah-mudahan dengan ini daya cegah kita semakin baik," Tegas Suntana.

Penulis: Yunizar Adha