Jemaah Tarekat Naqsabandiyah Lebaran Idul Fitri Hari Ini
-->
Kategori Berita

Label

Iklan

Header Menu

Rabu, 13 Juni 2018

Jemaah Tarekat Naqsabandiyah Lebaran Idul Fitri Hari Ini

Redaksi
Suasana salat Id jemaah Tarekat Naqsabandiyah di Bogor (Foto: Dok. Satria Wijaya/Antara Foto)
Kaliandanews - Meskipun Pemerintah masih akan menggelar sidang isbat esok hari untuk menentukan 1 Syawal 1439, namun sejumlah Jemaah Tarekat Naqsabandiyah Al Kholidiyah Jalaliyah telah berlebaran hari ini.

Dilansir dari detikcom, Rabu (13/6/2018), salat Id salah satunya digelardi Rumah Ibadah Suluh Darussalam, Kampung Pasir Jawa, Cigombong, Bogor, Jawa Barat, Rabu (13/6) pagi. Mereka tampak bersalam-salaman usai salat Id.

Syekh Muda Maulana Syarif Alam, perwakilan jamaah Tarikat NaqsabandiyahAl-Kholidiyah mengatakan, berdasarkan hasil penghitungan pergantian bulan menggunakan metode Hisab mereka bersepakat bahwa tanggal 1 Syawal jatuh pada hari ini.

"Jadi metode untuk menentukan tanggal itu kan ada dua, pertama Hisab dan kedua Hilal. Kita itu menggunakan metode Hisab, metode Hisab Qomariyah, dan berdasarkan Hisab Qomariyah, tarikat Naqsabandiyah Al-Kholidiyah menggenapkan puasa selama 30 hari itu kemarin dan Insya Allah tanggal 1 Syawal itu hari ini," katanya ditemui di Majelis Darussalam, Rabu (13/6).

Maulana menyebut, ada tiga lokasi yang menjadi pusat kegiatan Sholat Iedul Fitri untuk Tarikat Naqsabandiyah Al-Khalidiyah di Indonesia. Untuk Pulau Jawa, kata Maulana, dipusatkan di Bogor.

"Jadi ada tiga tempat yang menjadi pusat pelaksanaan Sholat Ied untuk Tarekat Naqsabandiyah, pertama di Sumatera Utara, kemudian di Kepulauan Riau lalu di Pulau Jawa yang dipusatkan di Bogor," kata Maulana.

Selain di Bogor, salat Id digelar oleh Jemaah Tarekat Naqsabandiyah di Padang. Salat Id bertempat di Mushala Baitul Makmur, Pauh, Padang, Sumatra Barat.
(Red)