Instruksi Susi Pudjiastuti, Pantai Kedu Siap Menghadap Laut 19 Agustus 2018
Kategori Berita

Iklan Halaman Depan

Header Menu

Kamis, 16 Agustus 2018

Instruksi Susi Pudjiastuti, Pantai Kedu Siap Menghadap Laut 19 Agustus 2018

Redaksi

Kaliandanews - Pemerintah tengah fokus untuk memerangi sampah laut yang ada di perairan Indonesia. Sebab, wilayah kelautan Indonesia menjadi salah satu yang paling tercemar di dunia.

Oleh karena itu, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti pun mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam gerakan "Menghadap Laut" pada 19 Agustus 2018 mendatang. Hal tersebut merupakan gerakan yang diprakarsai oleh Pandu Laut untuk membersihkan sampah plastik di wilayah perairan Indonesia.

Susi menjelaskan, gerakan ini diprakarsai karena pencemaran laut oleh sampah khususnya plastik sangat mengancam keberlangsungan biota laut dan manusia. sebab itu pemerintah mencanangkan pembersihan 70% ‎sampah di laut pada 2025.

"Kita sudah dengar bahaya plastik di laut kita, bagaimana bisa mengurangi 70% sampah di lautan," tuturnya.

Dikalianda, Lampung Selatan, Pandu Laut Nusantara menggandeng Komunitas Pelita untuk menyelenggarakan gerakan tersebut, yang rencananya akan dipusatkan di Pantai Kedu pada Hari Minggu, 19 Agustus 2018 yang akan datang.


"Kegiatan ini akan diisi dengan bersih-bersih pantai selama 1 jam dan di lakukan serentak di 73 lokasi pantai seluruh Indonesia, dari sabang sampai merauke, dari Miangas ke Pulau Rote," kata Ketua Komunitas Pelita, Yodistara Nugraha.

Yodis mengatakan, kegiatan ini merupakan intruksi langsung dari Menteri Kelautan RI, Susi Pujiastuti untuk memotivasi masyarakat agar dapat menjaga kebersihan laut dan pantai dari sampah.

"Terutama sampah plastik. Selain bersih bersih pantai, dalam acara ini juga ada beberapa kegiatan antara lain mancing bareng, paramotor show, penggalangan dana untuk bencana gempa bumi di Lombok dan doorprize yang akan dibagikan kepada para peserta yang beruntung," ungkap Yodis. (*/Red)