Persiapan Lomba Kesrak KB Kesehatan, Nanang Ikut Benahi Kebun Toga
-->
Kategori Berita

Label

Iklan

Header Menu

Senin, 03 Desember 2018

Persiapan Lomba Kesrak KB Kesehatan, Nanang Ikut Benahi Kebun Toga

Nanag Ermanto saat di kebun toga

NATAR, KALIANDANEWS – Desa Way Sari, Kecamatan Natar bersiap menghadapi lomba Kesatuan Gerak (Kesrak) PKK-KB Kesehatan Tingkat Provinsi Lampung.

Tim pembina Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamsel menggelar gladi bersih jelang penilaian lomba yang akan dihelat pada Selasa (4/12/2018) besok.

Pastikan kesiapan itu, Pelaksana Bupati Lamsel, Nanang Ermanto ikut turun tangan membenahi kebun Tanaman Obat Keluarga (Toga) seluas 2.400 meter persegi yang menjadi penilaian dalam lomba tersebut.

Tanpa canggung, bersama warga dan sejumlah Kepala OPD, Nanang pun ikut membersihkan sampah dedauan dan rumput kering di areal kebun yang ditanami berbagai tanaman yang berkhasit sebagai obat itu.

Bahkan, berbekal tangan kosong Nanang memberikan contoh cara menanam laiknya seorang ahli pertanian.

"Kita ini MSI, master segala ilmu. Urusan pertanian, kita bicara pertanian, urusan perkebunan, kita bicara perkebunan. Apalagi urusan mencangkul, udah biasa, bukan hal baru buat saya,” ujar Nanang, Senin (3/12/2018).

Diksempatan itu, Nanang meminta seluruh warga dapat menjaga kekompakan dan kebersamaan. Dia pun meminta keseriusan tim kabupaten untuk terus melakukan pembinaan kepada masyarakat.

"Ayo kita bersih-bersih. Kita gotong-royong, mana yang harus kita kerjakan, kita kerjakan.  Semua ikut bekerja. Jangan hanya menyuruh masyarakat, tapi kita hanya jadi mandor," kata Nanang memberi semangat.

Sementara itu, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Bencana Pemkab Lamsel, Rohadian menyatakan, Desa Way Sari telah sepenuhnya siap menghadapi lomba Kesrak maupun lomba kegiatan-kegiatan PKK yang digelar esok.

"Kesiapannya sudah mencapai 95%. Sisanya hanya tinggal finishing saja," ungkap Rohadian melaporkan kepada Plt. Bupati.

Sedangkan Ketua Pokja 3, Rini Ariasih menjelaskan, ada sebanyak 180 jenis tanaman obat yang ditanam dilahan seluas 2400 meter persegi tersebut. Semua jenis tanaman yang ditanam adalah tanaman yang berkhasiat untuk obat.

“Seperti jahe kecil atau jahe emprit, nama latinya zingerber officinale var.amarum. Jahe ini memiliki senyawa antioksidan yang cukup tinggi. Anti oksidan ini berguna untuk membuang racun dari tubuh dan memperlambat penuaan.  Bahkan disebut sebagai antikarsinogenik (mencegah kanker),” ujar Rini menjelaskan. (Kur/kmf)