Pulihkan Psikologi Anak Korban Tsunami, Kodim 0421 Kerjasama dengan UI
Kategori Berita

Iklan Halaman Depan

Header Menu

Sabtu, 05 Januari 2019

Pulihkan Psikologi Anak Korban Tsunami, Kodim 0421 Kerjasama dengan UI

Sejumlah anak anak saat mengikuti pendampingan psikologi oleh tim UI peduli

KALIANDA, KALIANDANEWS - Kodim 0421 Lampung Selatan bekerjasama dengan Universitas Indonesia (UI) untuk penanganan psikologis anak pasca terjadinya tsunami di Lampung Selatan.

Dandim 0421 Lamsel, Letkol Kav Robinson Octavinus Bessie menerangkan, saat ini memang banyak anak anak korban tsunami yang mengalami trauma.

"Kami bekerjasama dengan Universitas Indonesia (UI) untuk memberikan bantuan penanganan psikologis khususnya untuk anak anak, karena banyak anak anak yang trauma dengan bencana tsunami ini," kata Robinson, (05/01/19).

Ia berharap, setelah diberikan bantuan psikologis oleh psikolog dari UI anak anak korban tsunami tak lagi mengalami trauma dan tak terganggu kejiwaannya.

"Kita ingin anak anak kembali pulih dari rasa trauma sehingga tidak lagi mengganggu kesehatan mental anak," ungkapnya.

Sementara ketua tim UI peduli, Albert menerangkan ada dua tim yang ia bawa ke Lampung Selatan, selain tim psikolog ia juga membawa tim logistik.
Tim UI saat penyerahan banguan logistik

"Tim UI yang ke Lampung Selatan itu terbagi dari tim sikologi dan tim logistik, kita fokus ke dua itu, tim sikologi akan melakukan pendampingan sosial dan logistik untuk korban yang terkena dampak langsung tsunami. Kita bekerjasama dengan kodim, sasaran awal itu way muli timur, way muli dan di posko SMA Rajabasa, tiga itu sih fokus kita," jelas Albert.

Ia menerangkan, pendampingan psikologis untuk korban bencana merupakan hal yang sangat penting, sebab banyak korban bencana yang menurut Albert "tersumbat" emosinya.

"Biasanya pendampingan psikologis kalo dengan anak anak beda dengan orang dewasa, kadang kadang ada yang tersumbat emosionalnya," terang dia. (Kur)