Pemkab Lamsel Guyur Kecamatan Sragi Anggaran Pembangunan Rp 43 Miliar
Kategori Berita

Iklan Halaman Depan

Header Menu

Rabu, 27 Februari 2019

Pemkab Lamsel Guyur Kecamatan Sragi Anggaran Pembangunan Rp 43 Miliar

Nanang Ermanto saat Musrenbangcam

PALAS, KALIANDANEWS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan menggelontorkan anggaran pembangunan sebesar Rp43.470.647.023 untuk Kecamatan Sragi di tahun anggaran 2019.

Kepastian itu terungkap dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kecamatan (Musrenbangcam) Sragi yang digelar di Komplek Warung Desa (Wardes) Desa Sumbersari, Kecamatan Sragi, Rabu (27/02/2019).

Dalam laporannya, Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Lampung Selatan Aryan Saruhian mengungkapkan, besaran anggaran di Kecamatan Sragi itu terdiri dari pembangunan fisik dan non fisik sebesar Rp27.766.661.276 serta Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) tahun 2019 sebesar Rp15.703.985.747.

“Mudah-mudahan dengan besarnya anggaran yang dialokasikan di Kecamatan Sragi ini, dapat menambah kemajuan dan kemakmuran Kecamatan Sragi pada khususnya, dan Kabupaten Lampung Selatan pada umumnya,” ujar Aryan saat memaparkan rencana kegiatan Kecamatan Sragi untuk tahun 2019.

Lebih lanjut Aryan merinci, dibidang infrastrusktur terdapat 22 paket pekerjaan yang akan dilaksanakan pada tahun anggaran 2019. Diantaranya, peningkatan Ruas Jalan Mandalasari-Pematang Baru dengan alokasi anggaran sebesar Rp2,987 miliar.

Kemudian, rehabilitasi Ruas Jalan Kula Sekampung-Bandar Agung dengan alokasi sebesar Rp2,417 Miliar dan peningkatan Ruas Jalan Kemukus-Sumbersari dengan alokasi sebesar Rp1,3 miliar, serta peningkatan Ruas Jalan Sumbersari-Marga Jasa dengan alokasi sebesar Rp1,3 miliar.

“Untuk tahun 2019 ini, Bapak Plt. Bupati mengalokasikan dana yang sangat besar untuk Kecamatan Sragi. Ini dalam rangka membangun atau meningkatkan jalan sepanjang 28,1 kilometer dan tiga paket pekerjaan irigasi dengan total nilai anggaran sebesar Rp23.452.400.000,” ujar Aryan.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto yang membuka kegiatan itu berharap, Kepala Desa dan BPD dapat memanfaatkan forum itu untuk secara bersama-sama merumuskan program dan kegiatan yang menjadi prioritas di desanya masing-masing.

Sebab katanya, forum Musrenbangcam adalah forum tertinggi di kecamatan dalam menjaring aspirasi masyarakat. Sehingga apa yang dihasilkan dalam Musrenbang itu benar-benar merupakan kumpulan program kegiatan prioritas yang benar-benar bermanfaat untuk masyarakat.

“Maka, mari kita sama-sama manfaatkan kesempatan Musrenbangcam ini, program-program apa yang benar–benar prioritas untuk pembangunan tahun 2020 mendatang, disinilah tempatnya kita bermusyawarah. Nanti saya juga minta pola 4-2-2 dan 5-3-3 ini benar-benar diterapkan,” imbuh Nanang.

Usai membuka Musrenbancam itu, Plt. Bupati Nanang Ermanto bersama rombongan juga sempat meresmikan sejumlah Wardes dan ruang jalan hasil pembangunan melalui ADD dan APBD yang ada wilayah di Kecamatn Sragi. (az/kur)