Jokowi Resmikan Tol, Gubernur Lampung : Terima kasih Pak Presiden
Kategori Berita

Iklan Halaman Depan

Header Menu

Jumat, 08 Maret 2019

Jokowi Resmikan Tol, Gubernur Lampung : Terima kasih Pak Presiden

Joko Widodo saat peresmian TOL

NATAR, KALIANDANEWS - Presiden RI Ir. Joko Widodo (Jokowi) meresmikan dioperasikannya Jalan Tol Trans Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi Besar.
Peresmian ditandai dengan penekanan sirene dan penandatangan prasasti di Gerbang Tol Natar, Lampung Selatan, Jumat (8/3/2019).

Ruas tol Bakauheni-Terbanggi Besar yang memiliki panjang 140,9 kilometer, kini memegang rekor sebagai tol terpanjang di Indonesia yang telah diresmikan Jokowi.

“Kami sampaikan terima kasih Pak Presiden. Ini merupakan suatu kebanggaan bagi seluruh masyarakat Lampung, dimana pemerintah pusat sudah membangun tol terpanjang di Indonesia,” ujar Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo saat menyampaikan sambutan dalam acara itu.

Dalam kesempatan itu, Ridho juga menyampaikan ucapan terima kasih atas disetujuinya usulan nama Adeham sebagai salah satu nama Jalan Tol Trans Sumatera di ruas Bakauheni-Terbanggi Besar.

“Adeham adalah nama salah satu ASN kami yang meninggal dunia karena kelelahan menjalankan tugasnya sebagai ketua tim percepatan pembangunan jalan tol ruas Bakauheni-Terbanggi Besar,” tutur Ridho.

Sementara, dalam pidatonya, Jokowi mengapresiasi pembangunan jalan tol ruas Bakauheni-Terbanggi Besar yang begitu cepat. Dia menyebut, pembebasan lahan menjadi kunci utama dalam percepatan pembangunan jalan tol tersebut.

“Lampung ini bisa menjadi contoh, pembebasan lahannya begitu sangat cepat, sehingga tol ini bisa cepat selesai. Saya juga sampaikan terima kasih kepada seluruh ASN Lampung dan salah satu ASN yang kebetulan ketua tim pembangunan ini, karena kelelahan sehingga beliau dipanggil Allah SWT,” kata Jokowi.

Dari informasi yang dihimpun, jalan tol ruas Bakauheni-Terbanggi Besar juga akan terkoneksi sampai Palembang. Rencananya pembangunannya akan selesai pada bulan Juni mendatang.

Dalam pidatonya, Jokowi juga menargetkan jalan tol ruas Bakauheni-Terbanggi Besar akan tersambung sampai Provinsi Aceh pada 2024 mendatang.

“Ini adalah babak pertama yang kita resmikan. Harapannya Juni nanti bisa tersambung sampai Palembang. Insya Allah, 2024 Lampung sampai Aceh juga bisa tersambung,” ungkap Jokowi.

Turut hadir dalam acara itu, Ibu Iriana Jokowi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri PUPR Basuki Hadinuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Rini Soemarno, serta bupati/walikota se-Provinsi Lampung. (kmf/kur)