272 CPNS Lamsel Ikuti Pelatihan Dasar
Kategori Berita

Iklan Halaman Depan

Header Menu

Senin, 08 April 2019

272 CPNS Lamsel Ikuti Pelatihan Dasar

Fredy SM usai membuka acara pelatihan CPNS

KALIANDA, KALIANDANEWS – Sebanyak 272 orang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) golongan III dilingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan mengikuti kegiatan Pelatihan Dasar, di Aula Rajabasa, Kantor Bupati Lampung Selatan, Senin (08/04/2019).

Acara yang dibuka Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Selatan Ir. Fredy SM, MM dihadiri Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Lampung H. Kherlani, SE, MM serta para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemkab Lampung Selatan.

Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Pemkab Lampung Selatan, Akar Wibowo menjelaskan, Pelatihan Dasar CPNS golongan III tersebut diikuti oleh 272 peserta yang berasal dari formasi umum tahun 2018 dari 345 orang CPNS, dan terbagi dalam 7 angkatan.

Adapun kata Akar, penyelenggaraan Pelatihan Dasar itu bekerjasama dengan BPSDM Provinsi Lampung melalui pola kemiteraan yang akan berlangsung mulai hari Senin (8/4/2019) untuk gelombang I sampai dengan 24 Juni 2019, dan diikuti oleh angkatan 1 dan angkatan 2.

“Ini (Pelatihan Dasar) atau Diklat Prajabatan tercepat sepanjang sejarah di Lampung Selatan. Baru seminggu kerja sudah ikut Diklat, biasanya kerja setahun dulu baru ikut pelatihan,” ungkap Akar saat menyampaikan laporan dalam pembukaan kegiatan itu.

Akar melanjutkan, untuk gelombang kedua, yang diikuti angkatan 3 dan 4 dimulai pada tanggal 26 Juni 2019 sampai dengan 30 Agustus 2019. Kemudian dilanjutkan gelombang III untuk angkatan 5 dan 6 pada tanggal 18 Juli sampai 21 September 2019.

Dan terakhir, akan disusul untuk gelombang IV diikuti oleh angkatan 7 yang dimulai pada tanggal 24 September 2019 sampai dengan 28 November 2019.

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk membentuk CPNS yang memiliki pengetahuan dan wawasan sebagai pelayan masyarakat yang baik, dengan sasaran terwujudnya CPNS yang dapat memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat,” tuturnya.

Sementara, Fredy yang membuka kegiatan itu mengimbau seluruh CPNS dapat mengikuti Pelatihan Dasar tersebut dengan penuh kesungguhan hati, sehingga dapat menjalankan tugasnya sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) secara professional, menjunjung tinggi standar etika, dan selalu berinovasi untuk peningkatan mutu pelaksanaan tugasnya.

“Kegiatan ini merupakan salah satu upaya proses peningkatan kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN), agar mampu menghasilkan kinerja yang optimal melalui transfer pengetahuan sikap dan keterampilan agar memenuhi syarat dan cakap dalam melaksanakan bidang pekerjaannya,” ujarnya.

Selain itu kata Fredy, dengan mengikuti Pelatihan Dasar itu, setelah menjadi PNS, kedepan para CPNS yang baru diharapkan dapat menjadi motor penggerak pembangunan yang berprilaku jujur, amanah, bekerja untuk kepentingan negara dan masyarakat.

“Jadi manfaatkanlah kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, sebab saudara-saudara adalah orang-orang terpilih dari sekian juta orang saat proses seleksi CPNS beberapa waktu lalu. Karena pelatihan ini juga salah satu upaya merubah mindset dan pembinaan perilaku sebagai seorang PNS sebagai pelayanan masyarakat dan abdi negara,” kata Fredy.

Sementara, pantauan tim ini, pembukaan Pelatihan Dasar itu ditandai dengan pengalungan tanda peserta oleh Sekretaris Daerah Lampung Selatan Fredy SM kepada 2 orang CPNS didampingi Kepala BPSDM Provinsi Lampung Kherlani. (az/kur)