Pemkab Lampung Selatan Luncurkan Program Umroh Gratis, 85 Jamaah Siap Diberangkatkan
-->
Kategori Berita

Label

Iklan

Header Menu

Selasa, 02 April 2019

Pemkab Lampung Selatan Luncurkan Program Umroh Gratis, 85 Jamaah Siap Diberangkatkan

Peserta umroh gratis saat bersama plt Bupati dan pejabat Lamsel
KALIANDA, KALIANDANEWS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan kembali memberangkatkan 85 orang masyarakat untuk menunaikan ibadah umroh ke Tanah Suci Mekkah.

Program yang sempat terhenti sejak tahun 2015 lalu, kini diaktifkan kembali oleh Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto.

Kepala Bagian Bina Mental Spiritual dan Kemasyarakatan Sekretariat Daerah Kabupaten Lampung Selatan, Kholil menjelaskan, peserta umroh yang dibiayai oleh Pemkab Lampung Selatan tersebut berasal dari pemenang MTQ, juara Hut Lampung Selatan, da’i dan pembina qori-qoriah.

“Mereka (jamaah) adalah peserta umroh yang sudah terpilih dan sempat tertunda keberangkatannya,” terang Kholil saat menyampaikan laporan dalam acara pembukaan Manasik Umroh di Aula Rajabasa, kantor bupati setempat, Selasa (01/04/2019).

Kholil menambahkan, semua peserta umroh yang berangkat ke Tanah Suci Mekkah dan dibiayai Pemkab Lampung Selatan tersebut juga diberikan fasilitas berupa koper, tas, dan kain ihrom serta uang saku sebanyak Rp 1 juta yang akan dikirim ke rekening masing-masing para jamaah.

“Rencananya mereka (jamaah) akan dilepas keberangkatannya dari Masjid Agung Kalianda pada tanggal 8 April 2019. Dan akan melaksanakan ibadah umroh selama 9 hari dan akan kembali ke tanah air tanggal 16 April 2019,” katanya.

Sementara itu, Plt Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto menceritkan proses pemberangkatan jamaah umroh yang sempat tertunda beberapa kali.

Menurutnya, Pemkab Lampung Selatan telah menganggarkan dana untuk program umroh, tetapi untuk melaksanakannya harus melalui proses sesuai aturan yang ada. Sehingga pemberangkatan para pemenang MTQ, juara Hut Lampung Selatan, da’i dan pembina qori-qoriah sempat tertunda.

“Inilah salah satu perjuangan kita, bagaimana agar para jamaah ini bisa melaksanakan ibadah sesuai aturan, maka harus melewati proses yang panjang,” ujar Nanang.

Nanang pun mengingatkan para peserta umroh ini agar dapat menjaga nama baik daerah selama beribadah, dan turut mendoakan Kabupaten Lampung Selatan agar lebih baik lagi kedepan.

"Saya titip doakan Kabupaten Lampung Selatan kita tercinta, agar terhindar dari bencana, serta lebih baik dan semakin maju lagi kedepan,” pesannya. (kmf/Kur)